Teka-teki Kehidupan di Mars, Air Asinnya Ditemukan Mengandung Oksigen

Kompas.com - 23/10/2018, 20:04 WIB
Gambaran Dataran Planet Mars rizky C Septania/YoutubeGambaran Dataran Planet Mars

KOMPAS.com — Dalam penelitian sebelumnya, para ahli melaporkan bahwa air asin yang ada di bawah permukaan Mars bisa menampung oksigen yang cukup untuk mendukung jenis kehidupan mikroba miliaran tahun lalu.

Gagasan ini semakin diperkuat temuan yang terbit di jurnal Nature Geosciences, Senin (22/10/2018). Dalam laporannya, para ahli mengatakan bahwa jumlah oksigen yang tersedia hanya cukup untuk mikroba atau hewan sederhana seperti spons laut.

"Kami menemukan bahwa air asin dengan konsentrasi garam tinggi (di Mars) dapat mengandung oksigen yang cukup untuk membuat mikroba hidup," kata penulis utama penelitian Vlada Stamenkovi, seorang fisikawan teoritis di Jet Propulsion Laboratory, California, Amerika Serikat.

"Hal ini sepenuhnya mengubah pemahaman kita tentang potensi kehidupan di Mars, hari ini dan masa lalu," imbuhnya kepada kantor berita AFP.

Baca juga: Sebentar Lagi, Bertani di Mars bak Film Martian Bisa Terwujud

Sebelum studi ini terbit, para ahli mengasumsikan bahwa jumlah jejak oksigen di Mars tidak cukup untuk mempertahankan kehidupan mikroba.

"Kami tidak pernah berpikir bahwa oksigen dapat memainkan peran untuk kehidupan di Mars. Pasalnya, hanya ada sedikit oksigen di atmosfer, sekitar 0,14 persen," ujar Stamenkovi.

Sebagai perbandingan, gas yang mendukung kehidupan membentuk 21 persen udara yang kita hirup.

Seperti di Mars, dasar samudra Bumi dengan mata air panas dan minim oksigen juga hidup mikroba.

"Itu sebabnya, setiap kali kami memikirkan kehidupan di Mars, kami mempelajari potensi kehidupan anaerobik," katanya.

Kehidupan di Mars

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X