Kompas.com - 19/10/2018, 08:00 WIB
Stephen Hawking Stephen Hawking

KOMPAS.com — Buku terakhir Stephen Hawking baru saja dirilis, Selasa (16/10/2018) kemarin. Dalam buku berjudul Brief Answers to Big Questions ini, dia menuliskan 10 esai.

Namun, yang menjadi sorotan dalam buku ini adalah cara Hawking menjawab pertanyaan paling besar: Apakah Tuhan ada?

Sebenarnya, pergulatan Hawking dengan pertanyaan ini sudah berlangsung sejak lama. Bahkan, jawaban yang berada dalam buku tersebut disusun selama beberapa dekade melalui wawancara, esai, dan pidato dengan bantuan keluarga, kolega, dan Stephen Hawking Estate.

"Saya pikir alam semesta secara spontan diciptakan dari ketiadaan, menurut hukum sains," tulis Hawking dalam bukunya tersebut dikutip dari Live Science, Rabu (17/10/2018).

"Jika Anda menerima, seperti yang saya lakukan, bahwa hukum-hukum alam adalah konstan, maka tidak perlu waktu lama untuk bertanya: Peran apa yang ada untuk Tuhan?" sambungnya.

Semasa hidupnya, Hawking memopulerkan teori Big Bang miliknya. Teori tersebut membuat gagasan bahwa alam semesta dimulai dengan ledakan yang tiba-tiba keluar dari singularitas untradense yang lebih kecil dari atom.

Dari titik tersebut muncul semua materi, energi, dan ruang kosong yang pernah ada di alam semesta. Semua bahan mentah tersebut berevolusi menjadi kosmos yang kita rasakan hari ini, mengikuti serangkaian hukum ilmiah yang ketat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Hawking, banyak ilmuwan yang berpikir sama dengan dirinya.

"Jika Anda suka, Anda bisa mengatakan hukum alam adalah karya Tuhan, tetapi itu lebih merupakan definisi Tuhan dibanding bukti keberadaannya," tulis fisikawan asal Inggris itu.

Hawking juga meyakini alam semesta berjalan dalam autopilot yang dipandu secara ilmiah. Bagi Hawking, satu-satunya perang untuk Tuhan yang Maha Kuasa adalah pengaturan kondisi awal semesta sehingga hukum alam bisa terbentuk.

Baca juga: Bumi Sekarat, Stephen Hawking Ungkap Strategi Invasi Dunia Alien

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.