Kompas.com - 17/10/2018, 20:36 WIB

KOMPAS.com - Sepanjang eksistensi kita, manusia telah memburu mamalia lain untuk berbagai tujuan, mulai dari daging, bulu, hingga sekadar untuk perdagangan.

Perilaku kita ini telah menyebabkan kepunahan beberapa spesies. Bahkan, perkiraan para peneliti menyebutkan bahwa setelah Zaman Es akhir saja, setidaknya lebih dari 300 spesies telah lenyap, termasuk mammoth, badak berbulu dan harimau Tasmania.

Kini, kisah manusia sebagai salah satu penyumbang kepunahan mamalia masih berlanjut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Aarhus University di Denmark  mengungkapkan jika manusia akan menyebabkan begitu banyak kepunahan spesies mamalia dalam 50 tahun ke depan. Buruknya lagi, kepunahan itu tidak bisa dipulihkan dalam waktu cepat.

Jika hal ini terjadi, maka Bumi mungkin akan memasuki kepunahan massal keenamnya, sebuah era di mana lingkungan planet berubah begitu drastis sehingga sebagian besar hewan dan tumbuhan mati.