Selamatkan Spesies dari Kepunahan, Ahli Manfaatkan Kotorannya

Kompas.com - 24/09/2018, 11:37 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Demi kepentingan konservasi, para ilmuwan saat ini tengah mengumpulkan kotoran badak. Ini merupakan bagian dari inisiatif untuk membantu mencegah punahnya spesies yang sudah terancam. Tim dari Kebun Binatang Chester dan Universitas Manchester menyebut kolaborasi ini sebagai "menyelamatkan spesies lewat kotoran".

Para peneliti sedang berupaya mengidentifikasi pertumbuhan populasi sejumlah hewan liar di Afrika, termasuk zebra gunung jenis Grevy dan Cape. Fokus utama mereka saat ini adalah badak hitam yang terancam punah.

"Apa yang telah lakukan dengan Universitas Manchester adalah mengembangkan piranti ini untuk memahami mengapa spesies seperti badak hitam mungkin tidak dapat berkembang biak dengan baik," kata Sue Walker, Kepala Ilmu Pengetahuan Praktis Kebun Binatang Chester.

"Dan jika kita dapat memahami hal itu maka kita dapat menyampaikan informasi tersebut kepada manajemen pusat konservasi untuk membuat keputusan yang mengubah cara mengelola tempat tersebut sehingga dapat meningkatkan reproduksi hewan".