Peneliti Temukan Faktor yang Pengaruhi Usia Hidup Mamalia

Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber Quartz

KOMPAS.com - Mamalia memiliki rentang usia yang berbeda satu sama lain. Manusia, misalnya, cenderung punya angka harapan hidup di kisaran usia 70-an hingga 90-an.

Namun, mamalia lain belum tentu mencapai umur selama itu. Badak yang punya ukuran 20-30 kali ukuran manusia biasanya hanya bertahan sampai usia 40-an. Simpanse, kerabat terdekat kita, tidak hidup lebih dari 50 tahun. Tidak pernah ada alasan yang jelas atas perbedaan ini.

Namun sebuah studi yang dipublikasikan pada Senin, (18/6/2018) lalu menawarkan satu kemungkinan jawaban.

Peneliti menemukan jika ukuran sel pankreas mamalia di usia dewasa tampaknya berkorelasi negatif dengan umur panjang. Atau dengan kata lain, semakin besar sel pankreas suatu spesies, maka akan semakin pendek umurnya.

Baca juga: 2 Fosil Predator Gigi Pedang Bantu Ungkap Awal Evolusi Mamalia

Yuval Dor, peneliti dan seorang ahli biologi molekuler, mempelajari sel pankreas tikus yang baru lahir dengan mikroskop. Saat itu, dia tidak bisa membedakan satu sel pankreas dengan yang lain pada bayi tikus.

Setelah menyelidiki lebih lanjut, dia dan timnya menyadari bahwa hal ini karena sel-sel yang ada jauh lebih kecil dari yang diperkirakan. Hal ini menunjukkan jika sel tidak hanya bertambah banyak seiring umur tikus, tetapi juga berkembang sejalan dengan ukuran spesies.

Peneliti juga mencari catatan ukuran sel pankreas mamalia lainnya sebagai perbandingan.

Setelah menganalisis catatan sel dari 23 spesies lain, termasuk badak, sapi, kelelawar buah dan manusia; mereka lantas menyadari bahwa tidak semua pankreas diciptakan sama. Beberapa terdiri dari banyak sel kecil dan yang lain terdiri dari sel-sel besar dengan jumlah yang lebih sedikit.

Ukuran sel bervariasi dari 4.288 mikrometer kubik hingga 457 mikrometer kubik. Sementara itu, sel pankreas manusia berada di tengah-tengah, sekitar 1.031 mikrometer kubik.