Kompas.com - 01/10/2018, 12:30 WIB

KOMPAS.com - 1 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Kopi Internasional. Peringatan ini ditujukan sebagai satu perayaan bagi pecinta kopi di seluruh dunia.

Meski telah menjadi minuman paling populer di dunia. Kontroversi kopi seakan tak ada habisnya, terutama terkait dampak kesehatan bagi manusia.

Namun, beberapa penelitian menegaskan sejumlah manfaat kesehatan dari meminum kopi. Berikut Kompas.com merangkumnya untuk Anda.

1. Lindungi Jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS Biology pada Juni 2018 menyebut bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang bisa melindungi jantung.

Penelitian ini menggunakan standar empat cangkir kopi per hari. Mereka memberikan dosis kopi tersebut kepada tikus selama 10 hari sebelum memicunya dengan serangan jantung pada hewan pengerat itu.

Hasilnya, sel-sel pada tikus yang mendapat kafein memperbaiki kerusakan serangan jantung lebih baik daripada tikus yang tidak mendapat kafein.

Baca selengkapnya: Temuan Baru: Konsumsi Kopi Dapat Lindungi Jantung

2. Hidup Lebih Lama

Dalam makalah yang terbit di jurnal JAMA Internal Medicine, Senin (2/7/2018), minum kopi dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih rendah.

Kesimpulan tersebut didapat setelah para peneliti dari National Cancer Institute memeriksa 498.134 data kependudukan dan kesehatan warga Inggris, Skotlandia, dan Wales yang berusia antara 38 sampai 73 tahun.

Data yang diamati selama satu dekade menunjukkan tiga perempat peserta merupakan peminum kopi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.