Kompas.com - 25/09/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi perempuan hamil Shela KusumaningtyasIlustrasi perempuan hamil

KOMPAS.com – Hal yang terpikirkan saat mendengar kata kontrasepsi adalah tentang bagaimana membatasi jumlah anak dalam keluarga. Namun lebih dari ini, ada keuntungan yang akan diperoleh perempuan lewat program kontrasepsi.

"Perencanaan keluarga melalui kontrasepsi merupakan gerakan global yang penting dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan," ucap dr. Andon Hestiantoro, SpOG(k) dari Divisi Imunoendokrinologi Reproduksi, Departemen Obstetri dan Ginekologi, RSCM.

"Penggunaan kontrasepsi tidak saja bertujuan untuk mengendalikan kelahiran tapi juga untuk memperkuat hak-hak perempuan dalam menentukan waktu dan kesiapan kehamilan demi kesehatan perempuan".

Dalam acara Hari Kontrasepsi Dunia yang diadakan di Jakarta, Selasa (25/9/2018), Andon mengatakan saat pasangan suami istri merencanakan jarak kehamilan dengan baik, maka perempuan dapat lebih memberdayakan dirinya dalam segi pendidikan dan sosial.

Hal ini nantinya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan diri sendiri dan keluarga.

Baca juga: Sering Bikin Ragu, Ini 5 Kontrasepsi Terbaik Bagi Ibu Menyusui

Andon juga menyarankan agar para perempuan tak perlu ragu bila akan memilih alat kontrasepsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu alat kontrasepsi yang enggan dipakai perempuan adalah pil KB. Alasannya, rutin mengonsumsi pil KB dapat membuat bobot tubuh bertambah dan akhirnya kepercayaan diri menurun.

Andon menegaskan, hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Pasalnya, pil KB yang dapat menimbulkan kegemukan dipasarkan pada beberapa dekade lalu.

Seiring perkembangan zaman, kandungan progestin dalam pil KB sudah diubah sehingga tidak lagi menyebabkan kegemukan.

"Dalam pil KB sekarang, sudah ada progestin baru yang tidak memicu napsu makan. Nah, progestin yang jumlahnya cukup banyak - seperti di pil KB zaman dulu - itu yang meningkatkan napsu makan. Kalau di pil KB sekarang, masih ada kandungannya tapi dalam jumlah sedikit sehingga nafsu makan kecil," ujar Andon.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.