9 Tanaman Paling Berbahaya di Dunia, Beberapa ada di Indonesia

Kompas.com - 24/09/2018, 17:32 WIB
Tanaman beracun giant hogweed bisa menyebabkan luka bakar dan kebutaan Tanaman beracun giant hogweed bisa menyebabkan luka bakar dan kebutaan


KOMPAS.com - Mungkin kita tidak pernah menganggap tanaman sebagai organisme menakutkan yang harus dihindari. Namun, sebuah ulasan dari Reddit tahun 2016 bisa jadi akan membuat kita berpikir ulang.

Ulasan Reddit ini muncul ketika salah satu penggunanya menanyakan tanaman paling berbahaya di dunia.

"Ahli botani dari Reddit, tanaman apa yang paling menyeramkan di dunia?" tulis pengguna bernama Zipzapadam.

Menjawab pertanyaan tersebut, Reddit mengulas sembilan tanaman menakutkan. Mulai dari tanaman beracun, bisa membuat luka bakar, hingga membunuh manusia.

Berikut adalah daftar tanaman berbahaya seperti dilansir IFL Science, Kamis (20/9/2018).

1. Heracleum mantegazzianum atau Hogweed raksasa

Hogweed raksasa atau Heracleum mantegazzianum merupakan jenis rumput liar beracun yang tingginya bisa mencapai enam meter. Selain menjulang tinggi, Hogweed juga memiliki bunga putih kecil bergerombol yang sangat khas.

Getah Hogweed mampu menghilangkan fungsi ketahanan kulit untuk melindungi diri dari sengatan matahari, sehingga kulit akan terasa sangat terbakar. Bila getah Hogweed mengenai mata, akibatnya adalah kebutaan permanen.

Hogweed merupakan tanaman yang berasal dari kawasan Kaukasus atau wilayah yang membentang dari perbatasan Eropa dan Asia.

Tiga bulan lalu seorang remaja Virginia, AS, yang menderita luka bakar tingkat 2 hingga 3 di lengan dan wajah karena tak sengaja menyentuh Hogweed. Untuk pemulihan, remaja ini disarankan tidak boleh terkena matahari sampai enam bulan ke depan.

2. Aconitum napellus

Tanaman beracun Aconitum napellus zaman dulu digunakan untuk berburu hewan. Tanaman beracun Aconitum napellus zaman dulu digunakan untuk berburu hewan.
Aconitum napellus juga dikenal dengan sebutan aconite, mankshood, wolf's bane, leopard's bane, women's bane, atau blue rocket.

Saat melihat rumput berbunga ungu ini, mungkin kita tak menganggapnya berbahaya. Padahal, sebagian besar spesies ini merupakan tumbuhan beracun.

Di zaman dulu, manusia memasang tanaman ini di ujung anak panahnya untuk membunuh serigala. Inilah mengapa tumbuhan ini juga disebut wolf's bane.

Menurut laporan BBC pada 2014, seorang tukang kebun berusia 33 tahun diduga meninggal dunia setelah menyentuh atau mungkin memakan tanaman tersebut.

Bila tanaman ini dimakan maka akan menyebabkan muntah, diare, hingga mati rasa.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X