Bikin 30 Penumpang Terluka, Mengapa Tekanan Kabin Pesawat Penting?

Kompas.com - 21/09/2018, 19:33 WIB
Sebuah Boeing 737-800 milik maskapai penerbangan Jet Airways. WikipediaSebuah Boeing 737-800 milik maskapai penerbangan Jet Airways.


KOMPAS.com - Seperti diberitakan sebelumnya, pilot dari maskapai penerbangan Jet Airways yang mengendalikan pesawat Boeing 737 telah melakukan kelalaian sangat fatal.

Gara-gara keteledorannya tidak  menekan tombol yang mengatur tekanan udara di dalam kabin, lebih dari 30 penumpang mengalami pendarahan di hidung dan telinga.

Pesawat yang rencananya terbang dari kota Mumbai menuju Jaipur, India, terpaksa kembali ke bandara sesaat setelah lepas landas.

Baca juga: Akibat Blunder Pilot, 30 Penumpang Jet Airways Terluka

Beruntung, semua penumpang dari insiden ini selamat. Berikut rekaman video yang sempat diambil salah satu penumpang bernama Darshak Hathi ke akun Twitter-nya.


Ketinggian dan tekanan

Sebelum membahas seberapa penting tekanan udara di dalam kabin, mari kta menelusuri jejak perjalanan pesawat.

Di awal kemunculan pesawat, alat transportasi ini melaju hanya pada ketinggian yang rendah.

Pada akhir 1930-an, Boeing memperkenalkan 307 Stratoliner sebagai pesawat angkut komersial pertama dengan kabin bertekanan yang dapat terbang di ketinggian 6.000 meter, tapi udara di dalam kabin dibuat setara dengan tekanan udara di ketinggian 3.000 meter.

Saat pesawat semakin tinggi terbangnya, penting untuk mempertahankan semua parameter di dalam kabin demi kenyamanan penumpang. Parameter itu meliputi suhu, kelembaban, sirkulasi udara, dan tekanan kabin.

Kebanyakan jet modern terbang di ketinggian  7.600 sampai 15.000 meter. Meski begitu, pesawat sudah aman karena dilengkapi sistem yang membuat tekanan kabin sama seperti saat pesawat terbang di ketinggian 2.000 sampai 2.500 meter.

Cara kerja

Sumber tekanan udara dan AC untuk kabin diambil dari kompresor yang digerakkan mesin (engine-driven compressor), supercharger, atau melalui celah udara (bleed air) yang diambil dari mesin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X