Kompas.com - 17/09/2018, 21:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

PARIS, KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan bayi yang belum lahir pun telah terpapar polusi udara? Hal ini terlihat dari temuan terbaru sebuah penelitian di London.

Penelitian tersebut memberikan bukti pertama bahwa partikel polusi udara bergerak melalui paru-paru ibu hamil ke plasenta mereka.

Partikel tersebut diyakini oleh para peneliti sebagai karbon. Biasanya partikel karbon terbuat dari pembakaran bahan bakar fosil.

Para peneliti mendapatkan temuan ini setelah melakukan operasi caesar terencana kepada lima orang ibu tidak merokok di London.

Temuan ini menambah bukti bahaya polusi udara pada bayi belum lahir.

Tak hanya itu, hal ini menjadi bukti bahwa ketika perempuan hamil menghirup udara yang tercemar, partikel jelaga bisa mencapai plasenta melalui aliran darah.

"Hingga saat ini, ada sedikit bukti bahwa partikel yang dihirup masuk ke dalam darah dari paru-paru," ungkap Dr Lisa Miyashita yang terlibat dalam penelitian ini dikutip dari The Independent, Senin (17/09/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebenarnya, ini bukan pertama kali penelitian dampak polusi udara terhadap janin dalam kandungan dikerjakan.

Penelitian sebelumnya menghubungkan polusi udara dengan kelahiran prematur, berat badan rendah, gangguan pernapasan, hingga kematian bayi.

"Kami telah mengetahui untuk sementara bahwa polusi udara mempengaruhi perkembangan janin dan bisa terus mempengaruhi bayi setelah lahir dan sepanjang hidup mereka," kata peneliti dari Queen Mary University tersebut.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.