Apakah Bumi Terlahir Basah atau Kering?

Kompas.com - 14/09/2018, 19:35 WIB
Ilustrasi bintang baru dikelilingi debu dan gas NASA/JPL-CaltechIlustrasi bintang baru dikelilingi debu dan gas

KOMPAS.com – Tahukah Anda bahwa meskipun air menutupi 70 persen permukaan Bumi, air hanyalah 0,05 persen dari seluruh massa planet kita? Namun, jangan meremehkan massa air yang begitu kecil. Tanpa air, manusia tidak akan ada di Bumi ini.

Kini yang menjadi pertanyaan adalah asal muasal air di Bumi. Topik ini sudah lama menjadi perdebatan di dunia sains.

Sebagian ilmuwan berpendapat bahwa air yang mengalir di Bumi ini sudah sangat-sangat tua, bahkan mungkin setua bahan-bahan penyusun seukuran gunung yang kemudian membentuk planet kita ini sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Sementara itu, lainnya berpendapat bahwa Bumi terlahir kering. Setelah dijatuhi asteroid dan komet-komet yang basah, barulah Bumi menjadi berair seperti sekarang.