Benarkah Ada Air di Planet Jupiter? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 03/09/2018, 20:00 WIB
Titik Merah Besar Jupiter NASA Titik Merah Besar Jupiter NASATitik Merah Besar Jupiter NASA

KOMPAS.com - Salah satu hal ikonik dari planet Jupiter adalah badai Great Red Spot atau Titik merah Besar. Tapi siapa sangka, badai besar berwarna merah tersebut menyimpan sebuah rahasia yang memikat.

Para ilmuwan baru-baru ini menyebut bahwa dari badai tersebut ada kemungkinan planet raksasa itu memiliki air.

Isyarat air di Great Red Spot ini berasal dari penelitian yang dilakukan oleh Gordon Bjoraker, astrofisikawan di NASA Goddard Space Flight Center.

"Bulan-bulan yang mengorbit Jupiter sebagian besar adalah air es, sehingga seluruh lingkungannya memiliki banyak air," ungkap Bjoraker dikutip dari Space.com, Sabtu (01/09/2018).

"Mengapa tidak planet - yang memiliki gravitasi besar ini, di mana semua benda jatuh ke dalamnya - menjadi kaya air juga?" sambungnya.

Dalam laporan di Astronomical Journal, Bjoraker dan koleganya kemudian mengumpulkan data radiasi di Jupiter menggunakan dua teleskop khusus di puncak Mauna Kea, Hawaii.

Teleskop yang digunakan merupakan "teleskop inframerah paling sensitif di Bumi" di Observatorium Keck.

Untuk melengkapi pengamatan tersebut, tim itu juga menggunakan data dari pesawat ruang angkasa Juno milik NASA.

Sebelumnya, Juno telah menyelidiki lebih dalam awan Jupiter.

Dengan instrumen yang berbasis di Bumi, tim menemukan kebocoran radiasi termal dari kedalaman Great Red Spot. Mereka menemukan, di atas wilayah awan ini ada tanda-tanda khas kimia air.