Berusia 73.000 Tahun, Gambar Ini Diklaim Sebagai yang Tertua - Kompas.com

Berusia 73.000 Tahun, Gambar Ini Diklaim Sebagai yang Tertua

Kompas.com - 13/09/2018, 17:00 WIB
Di Gua Blombos Afrika Selatan, ahli temukan gambar tertua berusia 73.000 tahun. Gambar ini berupa pola sederhana yang dibuat menggunakan krayon primitif pada batu silcrete. Di Gua Blombos Afrika Selatan, ahli temukan gambar tertua berusia 73.000 tahun. Gambar ini berupa pola sederhana yang dibuat menggunakan krayon primitif pada batu silcrete.


KOMPAS.com - Sekelompok tim peneliti Internasional mengaku telah menemukan gambar tertua yang dibuat manusia. Gambar ini terukir di sebongkah batu silcrete atau batuan yang terbentuk dari pasir dan kerikil yang ada di dalam gua Blombos, Afrika Selatan.

Dalam laporan temuan yang terbit di jurnal Nature, Rabu (12/9/2018), ahli memprediksi gambar tersebut berusia 73.000 tahun atau berasal dari Zaman Batu Tengah.

Seperti dapat dilihat di atas, bentuk gambarnya masih sangat sederhana. Hanya berupa coretan garis yang membentuk pola silang berwarna merah.

Warna merah itu sendiri diketahui berasal dari oker atau krayon primitif yang terbuat dari tanah liat merah. Ujung alat gambarnya diprediksi berdiameter 1 sampai 3 milimeter.

Baca juga: Tengkorak Manusia Tertua di Amerika Habis Dilalap Api

Jika diamati dengan seksama, garis itu seperti mendadak terputus. Ahli memprediksi mungkin hal itu disebabkan karena batuan menutupi permukaan yang lebih besar dan lebih kompleks. Oleh karenanya, para ahli tidak dapat memastikan gambar apa yang sebenarnya dibuat.

Meski begitu, ahli yakin ini adalah moyang dari gambar abstrak yang dibuat manusia purba atau simbol kuno paling awal yang tersebar di Afrika, Eropa, dan Asia Tenggara berumur sekitar 30.000 tahun.

"Ini menunjukkan kemampuan menggambar awal Homo sapiens di Afrika Selatan dengan menggunakan berbagai teknik dan media yang berbeda," kata ahli dalam laporannya dilansir Newsweek, Rabu (12/9/2018).

"Representasi gambar abstrak adalah indikator utama dari kemampuan kognitif dan perilaku manusia modern," kata penulis.

Gambar ini ditemukan di Gua Blombos, sebelah timur Cape Town, Afrika Selatan. Gua ini sebelumnya telah menyimpan banyak bukti tentang aktivitas budaya manusia modern paling awal.

Saat pertama kali digali pada 1991, para ahli menemukan berbagai artefak seperti manik-manik kerang, potongan krayon primitif yang diukir, juga alat inovatif yang dibuat dari batuan silcrete. Semua benda itu diprediksi berasal dari 70.000 sampai 100.000 tahun lalu.

Baca juga: Arkeolog Temukan Desa Tertua di Delta Sungai Nil


"Temuan ini melengkapi bukti sebelumnya yang mencerminkan modernitas budaya dan penggunaan simbol di tingkat Zaman Batu Tengah di Gua Blombos".

Manusia modern atau Homo sapiens, bukan satu-satunya spesies yang menghasilkan gambar. Dalam sebuah penelitian yang terbit awal tahun ini, para ahli mengidentifikasi lukisan gua juga diciptakan oleh Neandertal lebih dari 64.000 tahun yang lalu.

Komentar
Close Ads X