Kebiasaan Gigit Kuku Bikin Perempuan Australia Terkena Kanker Langka

Kompas.com - 10/09/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi menggigit kuku AndreyPopovIlustrasi menggigit kuku

KOMPAS.com - Siapa sangka kebiasaan kecil mengigit kuku bisa berujung penyakit berbahaya. Setidaknya inilah yang diklaim oleh Courtney Whithorn, perempuan 20 tahun yang tinggal di Australia.

Whithorn punya kebiasaan buruk menggigit kuku sepanjang waktu. Dia bahkan seolah mengunyah ibu jarinya karena kukunya bisa dibilang habis.

Kondisi jarinya tersebut bisa ditutupi oleh Whithorn di depan keluarga dan teman-temannya. Hingga dia menyadari kukunya berubah menjadi hitam.

Ketika memeriksakan diri, dokter menyarankan kepadanya untuk melakukan pencangkokan demi menghilangkan titik hitam itu.

Sayangnya, biopsi justru mengungkapkan bahwa dia mengalami kanker langka di bagian bawah kukunya. Dokter mendiagnosis Whithorn dengan melanoma lentiginous acral.

Itu merupakan bentuk kanker kulit yang berkembang di telapak tangan, telapak kaki, atau bagian bawah kuku. Menurut Primary Care Dermatology Society, kondisi ini jarang terjadi di kalangan orang Kaukasia.

Selain itu, Whithorn menjadi penderita yang jauh lebih muda dibanding penderita lain yang rata-rata berusia 40 tahun. Karena jenis kanker ini sangat langka dan penyakitnya telah menyebar ke kelenjar getah bening, dokter menyarankan untuk amputasi.

Dirangkum dari The Sun, Kamis (06/09/2018), Whithorn menyebut kondisinya itu berhubungan dengan kebiasaannya menggigit kuku. Dia mengatakan, dokter percaya trauma dasar kuku kemungkinan besar yang menyebabkan kanker berkembang.

"Ketika saya mengetahui bahwa kebiasaan menggigit kuku saya adalah penyebab kanker itu menghancurkan saya," kata Whithorn.

Baca juga: Ilmuwan Australia Kembangkan Tes Darah yang Bisa Deteksi Kanker Kulit

Namun pendapat tersebut dibantah oleh Dr Walayat Hussain dari British Association of Dermatologists. Dr Hussain mengatakan, meski menggigit kuku merupakan kebiasaan buruk, tapi hal ini tidak menyebabkan kanker.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X