Hidup di Hutan Baik untuk Usus Anak-Anak

Kompas.com - 08/09/2018, 10:09 WIB
Ilustrasi hutan Alfian KartonoIlustrasi hutan

KOMPAS.com – Banyak orang tidak bisa membayangkan hidup tanpa modernitas perkotaan. Padahal, padatnya jumlah manusia, hunian, kendaraan dan rutinitas dapat menyebabkan depresi hingga permasalahan fisik seperti obesitas.

Dalam sebuah penelitian, sebuah kelompok yang terdiri dari lima orang termasuk dua anak-anak mencoba pergi dari kota terbesar Venezuela, Caracas, selama 16 hari untuk tinggal di sebuah desa di dalam hutan bersama suku Ye'kwana.

Melalui momentum ini, para ilmuwan dari Amerika Serikat dan Venezuela berkesempatan untuk melihat bagaimana cara hidup yang lebih tradisional akan mempengaruhi mikrobioma usus mereka.

Studi ini diterbitkan pada jurnal terbuka mSphere dengan tujuan dapat membandingkan bagaimana kondisi usus penduduk kota dengan para penduduk lokal. Lebih spesifiknya, untuk mengetahui apakah dengan gaya hidup yang berubah, mirkrobiota di dalam usus menjadi lebih beragam atau tidak.