Kompas.com - 27/08/2018, 19:31 WIB
Polusi udara di kota Beijing, China. The BeijingerPolusi udara di kota Beijing, China.

KOMPAS.com – Beberapa studi telah membuktikan polusi udara berdampak buruk bagi kesehatan, seperti menyebabkan asma, peradangan organ, dan diabetes. Kini, studi terbaru menambahkan penyakit ginjal kronis ke daftar dampak kesehatan karena polusi udara.

Dilansir Science Daily, Jumat (24/08/2018), studi yang dilakukan oleh Universitas Michigan dan terbit di jurnal PLOS ONE, menyoroti hubungan antara pencemaran udara dengan ginjal sebagai penyaring darah.

"Mirip dengan merokok, polusi udara mengandung racun berbahaya yang secara langsung dapat memengaruhi ginjal. Ginjal membantu mengalirkan darah, dan jika ada yang membahayakan sistem peredaran darah, ginjal akan menjadi yang pertama merasakan efek itu," kata Jennifer Bragg-Gresham, ahli epidemiologi dari Universitas yang sama.

Baca juga: Polusi Udara, Pembunuh Senyap di Ibu Kota

Bahaya Polusi Udara

Polusi udara mengandung partikel halus atau PM 2.5 yang merupakan campuran partikel mikroskopis.

Karena partikel ini sangat halus dan tidak memiliki bobot, partikel dapat bertahan di udara lebih lama dan secara tidak langsung membuatnya dihirup manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PM 2.5 diketahui dapat berdampak buruk pada kesehatan jika sering dihirup.

"Jika Anda melihat daerah yang sangat tercemar dibandingkan daerah yang kurang tercemar, Anda akan menemukan lebih banyak penyakit ginjal kronis," jelas Rajiv Saran M.D, ahli nefrologi dan direktur Pusat Koordinasi Data Sistem Ginjal dari Universtas Michigan.

Di Amerika, angka penderita penyakit ginjal kronis lebih dari 27 juta orang. Dalam hal yang sama, orang yang menderita penyakit ginjal kronis memiliki peningkatan risiko kematian kardiovaskular delapan kali lipat lebih tinggi.

Sayangnya, PM 2.5 hampir tidak mungkin dihindari. Pasalnya, polusi udara ini sangat dekat dengan kehidupan kita.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.