Astronot ESA: Misi NASA ke Bulan, Langkah Penting Eksplorasi Semesta

Kompas.com - 30/08/2018, 19:02 WIB
Badan Antariksa Eropa (ESA) Astronot Italia Samantha Cristoforetti mengambil bagian dalam sesi pelatihan persiapan cahaya di Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin di Star City, di luar Moskow, pada 10 Desember 2013. Badan Antariksa Eropa (ESA) Astronot Italia Samantha Cristoforetti mengambil bagian dalam sesi pelatihan persiapan cahaya di Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin di Star City, di luar Moskow, pada 10 Desember 2013.

KOMPAS.com - Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat ( NASA) saat ini sedang bersiap kembali ke bulan setelah pertama kali manusia ke sana pada 1972. Bekerja sama dengan Roscosmos dan European Space Agency (ESA), NASA memastikan bagian pertama misinya mengorbit di bulan pada 2022.

Semua orang yang terlibat dalam misi  berharap, bagian pertama itu dapat berfungsi sebagai dasar untuk perjalanan ke bulan dan akhirnya menuju Mars.

Namun perlu diketahui, usaha ambisius yang dijuluki Deep Space Gateway, Lunar Orbital Platform Gateway, atau Lunar Gateway sebenarnya masih menimbulkan kontroversi.