Kompas.com - 20/08/2018, 20:03 WIB
Ilustrasi makan di restoran Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi makan di restoran

KOMPAS.com - Ternyata bukan hanya obat-obatan terlarang yang dapat menyebabkan kecanduan. Makanan sehari-hari juga memiliki dampak yang sama. Lantas, bagaimana cara kerja kecanduan makanan?

Untuk memahami cara kerja kecanduan makanan, peneliti terlebih dahulu menjelaskan cara kerja kecanduan narkoba.

Menurut Dr. Ellen Hendriksen, seorang psikolog, narkoba dan zat alami lainnya, mampu membuat seseorang kecanduan karena adanya sebuah neurotransmitter dalam otak yang disebut dopamin.

Dopamin akan memengaruhi berbagai daerah dalam otak dan berperan membentuk kesenangan hingga kecanduan. Mulai dari alkohol, narkotika, hingga makanan sehari-hari diketahui mampu memengaruhi pelepasan dopamin.

Baca juga: Berkaca Kasus Demi Lovato, Kambuh Kecanduan Narkoba Berisiko Bahaya

Ketika seseorang menggunakan heroin, dopamin akan bergerak dari sel-sel tertentu dan berakhir pada sinapsis otaknya. Hal tersebut akan menyebabkan seseorang menjadi mabuk.

Dopamin hanya dilepaskan oleh sejumlah kecil sel otak, tetapi masing-masing sel tersebut terhubung ke ribuan sel otak lainnya seperti jaringan listrik. Sehingga, jangkauan pengaruh dopamin menjadi sangat jauh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sel-sel yang terhubung akan membentuk respons terhadap konsumsi obat-obatan, seperti pembelajaran, pengambilan keputusan, dan memori.

Dampaknya, seseorang akan mengalami keinginan yang kuat terhadap heroin. Ia akan makan sebanyak - banyaknya ketika ia bisa mendapatkan heroin tersebut. Dia akan mulai membutuhkan lebih banyak heroin dari waktu ke waktu dan mengalami gejala fisik ketika dia tidak bisa mendapatkannya.

Kemudian ia akan mulai menarik diri, hingga akhirnya mengalami sensitisasi silang atau reaksi yang meningkat terhadap obat-obatan serupa karena perubahan di otak. Seseorang yang sudah mengalami hal serupa disebut sebagai pecandu.

Lantas bagaimana cara kerjanya pada makanan?

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.