Gen Zombie, Alasan di Balik Imunitas Gajah dari Kanker

Kompas.com - 16/08/2018, 21:02 WIB
Peneliti menemukan jika gajah Afrika (Loxodonta africana) menghindari lebah madu yang marah. live sciencePeneliti menemukan jika gajah Afrika (Loxodonta africana) menghindari lebah madu yang marah.

KOMPAS.com – Sekelompok ilmuwan menemukan, gajah ternyata memiliki "gen zombie" yang membuat satwa besar itu kebal terhadap sel kanker.

Menurut catatan, sekitar 17 persen manusia di seluruh dunia meninggal karena penyakit kanker, namun kurang dari lima persen gajah mati karena penyakit ini. Padahal, gajah memiliki sel kanker 100 kali lebih banyak dari manusia.

Menurut temuan yang diinisiasi tim ahli dari University of Chicago dan University of Utah, gajah memiliki kemampuan untuk menghidupkan gen yang sudah mati untuk membunuh sel kanker.

Baca juga: Fosil Langka Leluhur Gajah dengan Empat Gading Ditemukan di Perancis

Dilansir Science Daily, Kamis (16/08/2018), manusia dan kebanyakan hewan mempunyai satu salinan P53, atau gen penekan tumor. Gen ini memungkinkan makhluk hidup untuk mengenali dan mematikan sel-sel rusak di dalam DNA yang dapat memicu kanker.

Jika manusia dan beberapa hewan lain hanya memiliki satu salinan dari protein 53, para peneliti menemukan gajah mempunyai 20 salinan P53.

Ini membuat sel mereka secara signifikan lebih sensitif terhadap DNA yang rusak dan lebih cepat untuk mematikan sel pemicu kanker.

Dalam laporan yang terbit di jurnal Cell Reports, Selasa (14/8/2018), tim ahli juga menemukan elemen lain yang disebut "Gen Zombie".

Ketika melakukan penelitian P53 pada gajah, Vincent Lynch asisten profesor genetika dari University of Chicago dan rekannya menemukan pseudogen atau gen mati yang bernama leukemia inhibitory factor 6 (LIF6).

Menariknya, meskipun gen ini sudah mati, entah bagaimana gen tersebut dapat berevolusi untuk berfungsi kembali.

LIF6 ini lah yang disebut sebagai "Gen Zombie" karena mampu bangkit dari kematiannya.

Fungsi LIF6 yang diaktifkan oleh P53, adalah untuk merespon DNA yang rusak dengan membunuh sel yang sakit. Gen LIF6 membuat protein yang berjalan, cukup cepat, ke mitokondria, sumber energi utama sel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X