Kompas.com - 16/07/2018, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Setelah bertahun-tahun bungkam, seorang petani dari desa L'Isle-en-Dodon, Perancis akhirnya mengaku telah menemukan fosil seekor mastodon atau leluhur gajah yang telah punah di dekat pegunungan Pyrenees pada 2014.

Penemuan bersejarah itu disembunyikannya karena ia khawatir jika nantinya lahan pertanian tempatnya bekerja akan dikuasai ahli paleontologi.

Namun, prinsip itu akhirnya luluh pada 2017 saat ia melaporkan hal tersebut ke Natural History Museum of Toulouse, Perancis.

Pihak museum yang akhirnya memeriksa fosil mengatakan, sang petani telah menemukan fosil yang sangat penting. Ia menemukan Gomphoterium pyrenaicum, leluhur gajah dengan empat gading.

Baca juga: Sejak Kapan Dinosaurus Jadi Besar? Fosil Raksasa Pertama Menjawab

"Gomphoterium pyrenaicum adalah leluhur gajah yang memiliki empat gading berukuran 80 sentimeter, dua gadingnya di rahang atas dan dua lainnya di rahang bawah," ujar direktur museum Francis Duranthon kepada AFP, Rabu (11/7/2018).

G. pyrenaicum diperkirakan hidup di kawasan tersebut sekitar 11 sampai 13 juta tahun lalu.

Sebelum penemuan fosil tersebut, satu-satunya bukti yang menunjukkan herbivora raksasa pernah hidup di area itu adalah temuan empat gigi di kawasan yang sama pada 1857.

"Sekarang kita memiliki tengkorak penuh yang akan membantu kita mendapat gambaran yang lebih jelas tentang anatomi spesies ini," ujar Duranthon.

Kini, fosil yang sebagian sudah terbungkus batu itu sudah digali dan dibawa ke laboratorium.

Baca juga: Bukan Trump, tetapi Obama yang Dipilih untuk Nama Fosil Kuno Ini

"Kami harus mengikis batu yang mengeras, sentimeter demi sentimeter, dan hanya menyisakan tengkoraknya untuk dianalisis," ujar kurator museum Pierre Dalous.

Dalous memperkirakan pekerjaan analisis ini membutuhkan waktu sekitar enam sampai sembilan bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.