Kompas.com - 16/08/2018, 11:01 WIB
Batu genes Idiwhaa yang ditemukan di Acasta Gneiss Complex of Northwest Canada. Batu ini diprediksi berusia 4,02 miliar tahun dan merupakan batu tertua di Bumi. Batu genes Idiwhaa yang ditemukan di Acasta Gneiss Complex of Northwest Canada. Batu ini diprediksi berusia 4,02 miliar tahun dan merupakan batu tertua di Bumi.


KOMPAS.com — Batuan felsik yang kaya akan unsur mineral silikat, magma, silikon, oksigen, aluminium, natrium, dan kalium—seperti batuan granit—merupakan batuan paling awal yang ada di Bumi.

Batuan ini memiliki komposisi berbeda dari batuan felsik yang ada di inti benua.

Lewat pemodelan komputer, ahli kini mengetahui kandungan batuan yang sangat kaya dan berbeda merupakan dampak dari meteorit.

"Di akhir Hadean (periode sejak pembentukan Bumi hingga 3.800 juta tahun lalu) terjadi benturan meteroit yang tinggi. Mungkin lelehannya itu yang akhirnya membentuk batuan felsik Hadean," tulis para ahli dalam laporan yang terbit di jurnal Nature Geoscience, seperti dilansir Gizmodo, Senin (13/8/2018).

Baca juga: Kali Pertama, NASA Temukan Batuan Antariksa di Bawah Laut

Batuan yang dipelajari adalah batu genes Idiwhaa yang diprediksi berusia 4,02 miliar tahun dan ditemukan di kompleks Acasta Gneiss, Kanada.

Batu genes atau gneiss merupakan salah satu batuan yang terbentuk karena proses metamorfosisme dari jenis batuan beku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Batuan Idiwhaa ini memiliki komposisi yang sangat berbeda dari batuan tonalite-trondhjemite-granodiorite yang sering ditemukan di bagian benua tertua.

Batu genes Idiwhaa memiliki lebih sedikit silika dan lebih banyak molekul yang mengandung zat besi tertentu.

Bila para ahli geologi mengamatinya, batuan ini seolah-olah sudah terbentuk karena peleburan parsial dari batuan "mafik" basal yang tua lainnya.

Lantas, bagaimana susunan batuan itu bisa berbeda?

Halaman:


Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X