Mammoth Emas, Fosil Berbulu yang Diyakini Ahli Spesies Baru

Kompas.com - 14/08/2018, 17:00 WIB
Fosil mammoth yang diduga sebagai spesies baru dari mammoth kerdil. Salah satu ciri khas yang tidak dimiliki mammoth lain, ia memiliki rambut keemasan. Mammoth ini masih terjebak di daerah pasang surut yang tidak dapat diakses di pulau Arktik. Fosil mammoth yang diduga sebagai spesies baru dari mammoth kerdil. Salah satu ciri khas yang tidak dimiliki mammoth lain, ia memiliki rambut keemasan. Mammoth ini masih terjebak di daerah pasang surut yang tidak dapat diakses di pulau Arktik.

KOMPAS.com - Para ilmuwan mengklaim telah menemukan fosil spesies baru, mammoth kerdil berambut emas Siberia. Temuan ini bisa menjadi bukti bahwa ada lebih dari satu spesies mammoth berkeliaran di zaman es.

Menurut Dr Albert Protopopov, kepala departemen untuk studi fauna mammoth di Akademi Ilmu Pengetahuan Republik Sakha (Yakutia), sisa-sisa rambut pada fosil mammoth yang baru ditemukan berbeda dari mammoth lainnya.

"Rambutnya terlihat keemasan saat dilihat di bawah Matahari," kata Albert kepada The Siberian Times, dilansir IFL Science, Senin (13/8/2018).

Dari rambut khasnya inilah, mammoth tersebut dijuluki "mammoth emas" oleh para ahli.