Jejak Kaki 43.000 Tahun Ungkap Cerita Satu Kawanan Mammoth

Kompas.com - 02/03/2018, 07:10 WIB
Ilustrasi kawanan mammoth Kolombia NATIONAL PARK SERVICE / PUBLIC DOMAINIlustrasi kawanan mammoth Kolombia

KOMPAS.com – Para paleontolog dari Museum of Natural and Cultural History University of Oregon, Badan Manajemen Tanah Amerika Serikat, and University of Louisiana mempelajari 117 jejak kaki mammoth Kolombia berusia 43.000 tahun di sekitar sisa Danau Fosil Oregon.

Hasil yang telah dipublikasikan dalam jurnal Palaeogeography, Palaeoclimatology, Palaeoecology menceritakan kisah sebuah kawanan mammoth yang meninggalkan jejak kaki tersebut.

Berdasarkan ukuran dan kedalaman jejak kaki yang ditangkap melalui teknik fotogrametri, terlihat bahwa kawanan beranggota enam mammoth berjalan di atas tanah vulkanik menuju ke barat untuk mencari minum. Empat di antara mereka telah berusia dewasa, satu masih anak-anak, dan yang terakhir baru lahir.

Namun, yang menarik perhatian para peneliti adalah salah satu dari mammoth dewasa yang meninggalkan jejak kaki sepanjang 20 meter.