Penuh dengan Berlian, Meteorit Ini Ungkap Rahasia Asal Mula Tata Surya

Kompas.com - 18/04/2018, 20:33 WIB
Penampakan mikroskopis Almahata Sitta, meteorit yang penuh dengan berlian Penampakan mikroskopis Almahata Sitta, meteorit yang penuh dengan berlian

KOMPAS.com - Penemuan meteorit selalu menjadi hal yang istimewa. Apalagi jika meteorit yang ditemukan penuh dengan berlian.

Meteorit yang dipenuhi dengan berlian ini ditemukan Gurun Nubian, Sudan. Komposisi yang tak biasa dari meteorit bernama Almahata Sitta ini segera menarik perhatian para ilmuwan setelah jatuh ke bumi pada 2008 silam.

Pemeriksaan strukturnya memberi bukti fisik pertama untuk teori tentang bagaimana planet-plaanet di tata surya muncul. Analisis para ilmuwan mengungkapkan bahwa meteorit ini adalah fragmen dari salah satu "blok bangunan" yang dianggap terbentuk.