Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepunahan Dinosaurus Memicu Evolusi Hiu, Kok Bisa?

Kompas.com - 03/08/2018, 20:01 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Newsweek


KOMPAS.com - Banyak hal berubah saat tiga perempat penghuni bumi tiba-tiba menghilang dalam fenomena kepunahan massal Cretaceous-Palaeogene. Salah satu dampaknya adalah sesuatu yang bisa menjelaskan tentang kehidupan hiu saat ini.

Dalam studi yang terbit di Current Biology, Kamis (2/8/2018), para ahli mengungkap adanya dua kelompok hiu dengan evolusi yang berlawanan setelah kejadian itu.

Sebelum peristiwa fenomena kepunahan massal terjadi, hiu predator yang disebut lamniformes mendominasi lautan. Lamnifores termasuk hiu putih besar dan megalodon, sepupunya yang telah punah.

Setelah peristiwa kepunahan massal, hiu predator tingkat menengah yang disebut carcharhiniformes justru menggeser posisi lamnifores di lautan.

Baca juga: Nelayan AS Tak Sengaja Tangkap Hiu Putih Besar
 
Hingga kini, kelompok hiu carcharhiniformes masih merajai lautan dengan lebih lebih dari 270 spesies, termasuk hiu pasir dan hiu martil.

Seperti dilansir Newsweek, Kamis (2/8/2018), para ahli telah meneliti hampir 600 fosil gigi hiu dan menganalisis ukuran serta bentuknya, terutama tinggi dan luas gigi. Fosil gigi yang diteliti rata-rata berusia 56 juta tahun sampai 72 juta tahun.

Hasilnya, jumlah lamniformes yang ditandai dengan gigi mahkota pendek dan berbentuk segitiga menurun. Sementara jumlah carcharhiniformes meningkat pesat dari tahun ke tahun. Kini, hanya ada 15 spesies lamniformes yang tersisa.

Para ahli yakin, perubahan jumlah dan evolusioner terkait dengan ketersediaan makanan pasca peristiwa kepunahan massal.

Lamniformes di masa lalu hanya memangsa reptil laut. Padahal, saat itu banyak reptil laut yang punah.

Hal ini secara tidak langsung memengaruhi kehidupan lamniformes dan membuat jumlah mereka berkurang. Saat ini, spesies lamniformes punya lebih banyak variasi makanan, termasuk anjing laut.

Baca juga: Studi: Ada Banyak Lipstik dan Kosmetik Berbahan Dasar Minyak Hiu

Sementara itu, carcharhiniformes yang memangsa ikan kecil dan hewan laut bertulang menemukan banyak sumber makanan setelah peristiwa kepunahan.

"Studi ini adalah salah satu yang lebih transformatif dalam mempelajari evolusi hiu," ujar Mohamad Bazzi salah satu ahli kepada Science News.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com