Demi Alam, Hindari Menggunakan Tabir Surya Saat Berenang

Kompas.com - 03/08/2018, 07:07 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Penggunaan krim tabir surya ketika berwisata ke pantai dipandang sebagai sebuah kelaziman. Namun tidak bagi ekosistem air.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Environmental Science & Technology, bahan kimia yang terkandung di dalam krim tabir surya bisa menyebabkan kecacatan pada ikan, dan peneliti yakin bahan kimia ini juga bisa memiliki efek berbahaya pada manusia.

Padahal, penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa tingkatan bahan kimia dari tabir surya di lautan tidak cukup tinggi untuk memberikan dampak berbahaya bagi manusia, hewan, dan lingkungan.

Namun, pernyataan itu dibantah oleh Kelvin Sze-Yin Leung dari Hong Kong Baptist University dan kolega yang menguji perairan Shenzhen, Cina.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Tabir Surya? Ahli Menjawab

Dari pengujian mereka, ditemukan tujuh dari sembilan bahan kimia krim tabir surya menumpuk di sekitar pantai. Tidak hanya itu, tercatat pula bahwa bahan kimia tersebut mencemari waduk dan air keran perumahan sekitar.

Untuk melihat dampak yang terjadi pada biota laut, para peneliti memberi ikan zebra makanan yang sudah terkontaminasi tiga bahan kimia tabir surya.

Hasilnya, bahan kimia tabir surya memang tidak memengaruhi sebagian besar ikan zebra dewasa. Namun sayangnya, bahan tersebut justru memberikan dampak yang buruk pada ikan zebra yang masih anak-anak. Jika anak-anak ikan zebra terkontaminasi dalam periode waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan abnormalitas dan cacat lahir.

"Hasil dari penelitian kami dengan ikan zebra dan studi-studi lain pada tikus menunjukkan bahwa ini bisa menjadi masalah penting bagi manusia," tulis para peneliti.