Kompas.com - 31/07/2018, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Jus buah yang digemari anak-anak ternyata tidak boleh dikonsumsi berlebihan. The American Academy of Pediatrics (AAP) menyebut, setiap anak dengan usia berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda.

Misalnya, anak sekolah berusia 7 sampai 18 tahun, hanya boleh mengonsumsi delapan ons jus per hari. Usia 4 sampai 6 tahun, hanya boleh mengonsumsi empat sampai enam ons jus per hari. Batita usia 1 sampai 3 tahun, maksimal hanya boleh mengonsumsi empat ons jus setiap hari. Sedangkan bayi di bawah 1 tahun, sama sekali tidak diperbolehkan minum jus.

Menurut Steven Abrams, dokter anak dari University of Texas di Austin, ada dua aspek bertabrakan yang melatarbelakangi hal tersebut.

"Jus buah mengandung serat dan vitamin yang dapat merusak gigi. Beberapa dokter anak (justru) tidak menyarankan jus sama sekali untuk anak. Namun, saya pikir hal itu cukup sulit dilakukan," kata Abrams, dilansir Science Alert, Sabtu (28/7/2018).

Baca juga: Minum Jus Bit Setiap Hari Tingkatkan Kapasitas Olahraga

Selain Abrams, seorang dokter keluarga di Dayton, Ohio, Gary LeRoy, juga menyampaikan hal serupa.

LeRoy pun membuat program 5-2-1-0 dengan dewan kesehatan masyarakat setempat. Nama program ini mengacu pada lima porsi buah dan sayuran setiap hari, membatasi dua jam pada kegiatan di depan layar, satu jam aktivitas fisik, dan nol minuman manis.

Metode itu adalah aturan praktis yang dapat diterapkan sebagai pola hidup sehat masyarakat setempat.

Khusus untuk jus buah, LeRoy memberi catatan dan peringatan. "Jika jus buah dikategorikan sebagai salah satu porsi buah dan sayuran, pastikan itu 100 persen jus buah," tegas LeRoy.

Selain jus buah murni, seringkali kita menemukan minuman jus koktail yang sudah diberi tambahan pemanis atau pengawet.

Dibanding jenis minuman jus yang kedua, LeRoy menyarankan untuk kita lebih memilih jus buah murni, tanpa tambahan apapun termasuk gula.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.