Kompas.com - 19/02/2018, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Jus buah merupakan salah satu minuman yang dianggap menyehatkan. Temuan terbaru dari Newcastle juga menjelaskan bahwa salah satu jus buah, yaitu bit, memiliki dampak kesehatan.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Aaron Sverdlov dan Dr Doan Ngo dari Newcastle ini mempelajari efek jus bit terhadap tubuh. Hasilnya, mereka menemukan bahwa minuman tersebut dapat meningkatkan kinerja seseorang dalam berolahraga, terutama pada kalangan obesitas.

Dr Sverdlov yang merupakan profesor kardiologi di Hunter Medical Research Institute, Newcastle menyebut, mereka mencoba untuk mempelajari lebih lanjut tentang sifat jus bit dalam meningkatkan kesehatan.

"Ada beberapa bukti bahwa jus bit mungkin bermanfaat dan buktinya berasal dari melimpahnya nitrat dalam minuman tersebut, di dalam tubuh, diolah menjadi zat bermanfaat yang disebut nitrit oksida," kata Dr Sverdlov dikutip dari ABC News, Senin (12/02/2018).

Baca juga: Ini Dia Manfaat Bit yang Luar Biasa bagi Kesehatan Tubuh

Nitrit oksida sendiri adalah zat yang dipercaya selama puluhan tahun oleh para ilmuwan untuk mencegah stroke dan penyakit jantung.

"(Nitrit oksida) memperbaiki aliran darah di pembuluh darah, memperbaiki kesehatan lapisan pembuluh darah, dan diperkirakan memperbaiki kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan" ujar Dr Sverdlov.

"Kami ingin melihat apakah ini dapat meningkaykan kinerja olahraga pada populasi yang kelebihan berat badan (obesitas)," imbuhnya.

Memperbaiki Asupan Oksigen

Dr Ngo menyebut, hasil penelitian mereka menemukan bahwa jus tersebut memperbaiki asupan oksigen ke otot.

"Kami berharap untuk menggunakan jus bit sebagai alternatif yang mudah, bersamaan dengan asupan makanan normal yang diterima pasien obesitas untuk membantu meningkatkan konsumsi oksigen di otot," kata Dr Ngo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.