Ikan Ini Kehilangan Indra Penciuman Gara-gara Perubahan Iklim

Kompas.com - 25/07/2018, 18:35 WIB
Ilustrasi ikan kakap putih Ilustrasi ikan kakap putih

KOMPAS.com - Sebuah penelitian terbaru dari Inggris menemukan bahwa ikan kakap putih kehilangan indra penciuman akibat perubahan iklim.

Hal tersebut terjadi karena emisi karbon yang meningkat mengubah air laut menjadi asam. Lonjakan karbon dioksida di atmosfer meningkatkan keasaman laut ketika gas tersebut larut dalam air.

Ketika asam karbonat dalam air laut naik, maka kakap putih akan kehilangan hingga setengah kemampuan membaui.

Padahal, emisi karbon terus meningkat seiring perubahan iklim yang kini terjadi.

Indra penciuman sangat penting bagi kakap putih. Itu karena mereka mengandalkan bau untuk melakukan berbagai aktivitasnya, mulai dari mencari makan, pasangan, hingga mendeteksi predator di sekitar mereka.

"Penelitian kami adalah yang pertama mengamati dampak dari meningkatnya karbon dioksidadi laut pada sistem penciuman (bau) ikan," ungkap Dr Cosima Porteus, pemimpin penelitian ini dikutip dari The Independent, Selasa (24/07/2018).

Para ilmuwan juga memperkirakan peningkatan emisi karbon tidak sampai di sini saja. Akhir abad ini, diperkirakan jumlah karbon dioksida adalah dua kali yang terlihat sekarang.

Mereka kemudian membandingkan perilaku ikan kakap putih muda saat ini dan yang diperkirakan pada akhir abad ini.

"Pertama kami membandingkan perilaku ikan kakap putih muda di tingkat CO2 yang khas dari kondisi laut saat ini, dan yang diprediksi pada akhir abad," kata Dr Porteus dikutip dari Phys.org, Senin (23/07/2018).

Baca juga: Perubahan Iklim Bikin Kasus Bunuh Diri Meningkat Drastis

Hasilnya, mereka melihat perubahan besar pada perilaku ikan yang hidup di air lebih asam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X