Perubahan Iklim Bikin Kasus Bunuh Diri Meningkat Drastis

Kompas.com - 24/07/2018, 20:31 WIB
Ilustrasi depresi KatarzynaBialasiewiczIlustrasi depresi

KOMPAS.com – Tidak ada yang menyangka, perubahan iklim memicu depresi dan menambah daftar panjang kasus bunuh diri.

Kita tahu, perubahan iklim dapat meningkatkan penyebaran berbagai penyakit. Namun, belum ada yang mengaitkan gangguan kesehatan mental dengan perubahan iklim.

Kini, studi terbaru menegaskan adanya kaitan antara perubahan iklim dengan peningkatan depresi.

Menariknya, studi ini menyebut perubahan iklim bertanggung jawab atas ribuan kasus bunuh diri tambahan yang kemungkinan bakal terjadi dalam beberapa dekade mendatang.

Baca juga: Iklim Makin Panas, Ucapkan Selamat Tinggal pada Hewan Berbulu Putih

"Kami telah mempelajari dampak pemanasan global terhadap konflik dan kekerasan selama bertahun-tahun. Kami menemukan, manusia lebih sering bertengkar saat cuaca panas,” kata Profesor Solomon Hsiang, dari University of California, Berkeley, dilansir The Independent, Senin (23/7/2018).

"Tampaknya pikiran manusia sangat mudah terpengaruh karena panas dan membuat kita berperilaku buruk," imbuh Hsiang

Dalam penelitian yang terbit di jurnal Nature Climate Change, Hsiang dan timnya memetakan riwayat suhu bumi dengan data bunuh diri di wilayah Amerika Serikat dan Meksiko selama beberapa dekade.

Mereka menemukan, peningkatan satu derajat Celsius setiap bulan berbanding lurus dengan meningkatnya bunuh diri sebesar 0,7 persen di Amerika Serikat dan 2,1 persen di Meksiko.

Dengan contoh ini, tim kemudian menggunakan data dari climate models untuk menghitung dampak pemanasan global pada kesehatan mental di masa depan.

Mereka memprediksi pada 2050 bunuh diri akan meningkat 1,4 persen di Amerika Serikat dan 2,3 persen di Meksiko. Angka ini diperkirakan setara dengan 21.000 kasus bunuh diri di kedua wilayah tersebut.

Depresi dan keinginan bunuh diri di sosial media

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X