Kompas.com - 25/07/2018, 17:10 WIB

KOMPAS.com – Anjing dan kucing dikenal memiliki hubungan yang antagonistik. Hal ini menginspirasi banyak kartun dan film. Bahkan, dua orang yang sering bertengkar disebut memiliki hubungan seperti anjing dan kucing.

Namun, nyatanya tidak demikian.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Veterinary Behaviour, para peneliti University of Lincoln mencoba untuk mempelajari hubungan anjing dan kucing yang tinggal dalam satu rumah.

Menurut para peneliti, ketika hewan peliharaan yang berbeda spesies hidup bersama, koeksistensi yang damai sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan hewan.

Baca juga: Bukti Baru, Anjing Dapat Memahami Perasaan Manusia

Sophie Hall, salah satu penulis studi, mengatakan, kita ingin mengetahui apa yang membuat anjing dan kucing dapat hidup berdampingan. Mereka sering kali digambarkan sebagai musuh bebuyutan, tetapi nyatanya tidak selalu begitu.

Survei online terhadap 748 pemilik rumah di Inggris Raya, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Eropa menunjukkan bahwa 80 persen hewan peliharaan dapat hidup berdampingan. Sementara itu, tiga persen lainnya berkata bahwa anjing dan kucing mereka tidak akur.

Menariknya, kucing ditemukan lebih sering bersifat antagonis daripada anjing. Mereka tiga kali lebih mungkin menantang anjing daripada sebaliknya, dan 10 kali lebih sering melukai lawannya.

Dalam eksperimen yang dilakukan partisipan, lebih dari seperlima anjing mengambil mainan untuk menunjukkan ke teman kucingnya, sedangkan kucing hanya enam persen yang melakukan hal serupa.

Baca juga: Ahli Buktikan Anjing Mungkin Lebih Rasional Dibanding Manusia

Perbedaan ini, menurut Hall dan kolega, mungkin karena domestikasi.

Dalam sejarahnya, anjing jauh lebih lama didomestikasi daripada kucing, sehingga mereka lebih mudah untuk mengontrol perilakunya dan dilatih oleh manusia. Sebaliknya, kucing lebih sering berada dalam posisi yang tidak menguntungkan sehingga butuh lebih sering diyakinkan.

“Lebih mudah bagi anjing untuk merasa bahagia di sekitar kucing, daripada bagi kucing untuk merasa bahagia di sekitar anjing,” ujar Hall.

Namun demikian, bukan berarti Anda tidak boleh memiliki anjing dan kucing dalam satu rumah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor terpenting adalah usia kucing ketika pertama kali tinggal dengan anjing.  Semakin muda kucing, idealnya di bawah satu tahun, semakin besar kemungkinannya untuk hidup damai dengan anjing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.