Kompas.com - 19/07/2018, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Kamis (19/07/2018) kirab obor Asian Games 2018 dimulai. Pembawa obor dilakukan secara estafet, termasuk Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi sebagai pembawa obor pertama kali.

Kirab ini disambut antusias oleh masyarakat di wilayah yang dilalui. Hal ini terlihat dari warga yang berbondong-bondong menuju lokasi yang dilalui obor Asian Games 2018.

Mengarak obor dalam pesta olahraga bukan kali ini saja dilakukan. Hal ini juga dilakukan untuk perhelatan olimpiade.

Namun, tahukah Anda, torch relay atau kirab obor telah dilakukan jauh lebih lama?

Mitologi Yunani

Kirab obor telah ada sejak zaman Yunani kuno. Kegiatan ini berhubungan dengan pemujaan mereka terhadap api dan kekuatan.

Menurut mitologi Yunani, api diberikan oleh dewa Promotheus setelah ia mencurinya dari Zeus.

Untuk merayakan pemberian api ini, orang Yunani kuno mengadakan lomba estafet. Tapi yang digunakan bukan tongkat seperti sekarang, melainkan obor yang menyala.

Selanjutnya, mereka mengadakan olimpiade pertama sekitar tahun 776 sebelum masehi (SM). Perhelatan tersebut dilakukan setiap empat tahun di Olympia sebagai bentuk penghormatan terhadap Zeus dan dewa-dewa lain.

Olimpiade awal ini juga menandai periode damai orang Yunani yang suka berperang. Untuk membuka perhelatan akbar tersebut, mereka akan memilih pelari yang disebut "pewaris perdamaian".

Baca juga: Seperti di Kawah Ijen, Api Biru Juga Muncul di Gunung Kilauea Hawaii

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.