Video Ini Rekam Kupu-kupu Minum Air Mata Kura-kura

Kompas.com - 19/07/2018, 19:32 WIB
Kupu-kupu tertangkap sedang meminum air mata kura-kura agar mendapat natrium yang sangat dibutuhkannya. Kejadian ini ditangkap di Amazon.
Kupu-kupu tertangkap sedang meminum air mata kura-kura agar mendapat natrium yang sangat dibutuhkannya. Kejadian ini ditangkap di Amazon.


KOMPAS.com - Phil Torres, seorang entomolog kawasan tropis dan komunikator sains sedang menyusuri sungai Tambopata di Peru dan tak sengaja menemukan fenomena aneh yang direkamnya awal Maret lalu.

Kepada Live Science, Torres menceritakan bagaimana ia melihat tiga kura-kura berjalan melintasi batang pohon tumbang di pinggir sungai untuk berjemur. Tak lama setelah itu, segerombolan kupu-kupu berwarna terang mengerumuni kepalanya dan secara bergantian mereka meminum air mata kura-kura.

Dalam rekaman video yang kemudian diunggah ke saluran Youtube-nya, Torres mengatakan fenomena yang direkamnya itu adalah sesuatu yang sangat aneh, sekaligus indah dan menarik.

Dalam videonya, Torres mengatakan delapan spesies kupu-kupu dari tiga keluarga berbeda itu bersaing untuk mendapatkan air mata kura-kura yang kaya akan natrium.

Baca juga: 60 Tahun Disimpan di Laci, Kupu-Kupu Ini Ternyata Jenis Baru

Kupu-kupu tidak bisa mendapatkan natrium dari bunga, sehingga mereka harus mencarinya ke tempat lain. Salah satunya adalah air mata kura-kura.

"Reptil yang menangis itu kemungkinan adalah Podocnemis unifilis, kelompok kura-kura yang tidak bisa menarik kepalanya ke dalam cangkang. Satu-satunya cara untuk menghindari serangan kupu-kupu adalah menggelengkan kepalanya, walaupun ini sebenarnya tidak efektif," terang Torres dilansir Live Science, Rabu (18/7/2018).

Torres beranggapan, kupu-kupu yang ditemuinya itu sangat gigih untuk mendapatkan dan mencari natrium.

"Kalau saya di sana cukup lama, mungkin mereka akan menghisap keringat saya. Itu hal yang cukup umum," imbuhnya.

Umumnya, kura-kura pinggir sungai akan kembali menyelami sungai untuk menghindari sesuatu yang asing. Namun mungkin Torres cukup beruntung, karena ia berhasil mengabadikan momen itu sampai sepuluh menit.

"Hari itu saya sangat beruntung. Mungkin hanya ada satu dari seribu kemungkinan untuk mendapatkan momen langka seperti itu," ujarnya.

Baca juga: Tunggu 20 Tahun, Kura-kura Meksiko Ini Ditetapkan Sebagai Spesies Baru

Mungkinkah simbiosis mutualisme?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X