Kompas.com - 12/04/2018, 12:36 WIB
Cyllopsis tomemmeli Kristen GraceCyllopsis tomemmeli

KOMPAS.com - Dalam sebuah ekspedisi tahun 1959, Thomas Emmel berhasil menangkap 13 kupu-kupu di dataran tinggi Meksiko. Setelah 60 tahun berlalu, penelitian akhirnya menyatakan bahwa kupu-kupu tersebut sebagai spesies baru.

Saat ini, Emmel berusia 72 tahun dan telah menjadi ahli kupu-kupu yang disegani rekan sejawatnya di Universitas Florida dan dunia karena ketekunan serta komitmen terhadap dunia kupu-kupu. 

Salah satu rekan Emmel, Andre Warren, mengatakan bahwa Emmel menangkap kupu-kupu itu saat menjalani ekspedisi bersama L Irby Davis, di Chiapas, perbatasan Meksiko-Guatemala pada tahun 1959.

"Dia satu-satunya orang yang pernah menangkap kupu-kupu tersebut dalam sebuah ekspedisi yang luar biasa, ketika dia berusia 17 tahun," kata Warren, manajer koleksi senior dari Pusat McGuire di Museum Sejarah Alam Florida untuk Lepidoptera dan Keanekaragaman Hayati di Univeritas Florida.

Untuk itu, tim peneliti memberi nama kupu-kupu tersebut Cyllopsis tomemmeli sebagai bentuk penghormatan pada Emmel.

Baca Juga: Lewat Fosil Berusia 200 Juta Tahun, Peneliti Ungkap Evolusi Kupu-kupu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kupu-kupu Cyllopsis tomemmeli ukurannya sekitar lima sentimeter dan di bagian bawah tubuhnya terdapat garis melingkar berbentuk mirip gerigi berwarna coklat kehitam-hitaman.

Menurut Warren, dua pasang titik di antara garis bersisik berwarna perak di kedua sayapnya, berfungsi untuk menirukan mata dan kaki seekor laba-laba.

Kupu-kupu betina Cyllopsis tomemmeli warnanya lebih pucat dari kupu-kupu jantan, namun sisik kupu-kupu jantan lebih berbulu yang mungkin berfungsi mengeluarkan aroma khusus, kata Warren.

Kupu-kupu ini juga dikenal mahir membuat sarang yang kecil dan tersembunyi, dan Warren berkata, keahlian ini menjelaskan mengapa spesies ini sulit untuk ditemukan.

Emmel dan Warren serta sejumlah peneliti mengakui Cyllopsis tomemmeli sebagai spesies ke-30 dari seluruh jenis kupu-kupu Cyllopsis yang pernah ditemukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.