Berkat Rumput Laut Ini, Antartika Tak Lagi jadi Benua Terisolasi

Kompas.com - 19/07/2018, 16:31 WIB
Kelp yang hanyut membawa tanaman dan mahluk lain di dalamnya physKelp yang hanyut membawa tanaman dan mahluk lain di dalamnya

KOMPAS.com - Para peneliti baru saja menemukan bahwa Antartika mungkin tidak akan menjadi benua terisolasi lagi.

Konklusi ini diungkapkan oleh peneliti setelah mereka melihat rumput laut besar atau yang dikenal dengan kelp, hanyut hingga sejauh 20.000 kilometer dari bagian paling selatan Samudra Hindia dan Atlantik menuju pantai Antartika.

Sebelumnya banyak ahli pesimis jika ada spesies laut mampu melakukan perjalanan sejauh itu.

"Untuk sampai ke sana, rumput laut harus melewati rintangan yang diciptakan oleh angin kutub dan arus yang sampai sekarang dianggap tidak dapat ditembus," kata Crid Fraser peneliti the Australian National University (ANU) dikutip dari Science Alert, Selasa (17/07/2018).

"Tapi ini menunjukkan spesies laut dari utara dapat mencapai Antartika," tambah Fraser.

Baca juga: 3 Triliun Ton Es di Antartika Mencair dalam 25 Tahun, Apa Dampaknya?

Simulasi

Peneliti kemudian membuat simulasi komputer untuk menunjukkan bagaimana rumput laut tersebut bisa melakukan perjalanan yang hampir tidak mungkin dilakukan ini.

Simulasi tersebut juga, secara signifikan, akan memberikan pengertian bagaimana kondisi Antartika mungkin berubah di masa depan.

Hasil analisis simulasi kemudian mengungkapkan jika gelombang besar yang timbul dapat membantu kelp mencapai Antartika. Sebelumnya peneliti hanya memperhatikan arus laut dan angin barat saja.

Kedua faktor tersebut membuat kehidupan tumbuhan seperti rumput laut diperkirakan akan didorong ke arah yang berlawanan daripada hanyut ke selatan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X