Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Lama, Paus Ternyata Telah Diburu Sejak Romawi Kuno

Kompas.com - 11/07/2018, 19:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber AFP


KOMPAS.com - Pemburu romawi kuno mungkin adalah tersangka utama atas berkurangnya paus abu-abu dan paus sikat dari laut Mediterania atau laut tengah.

Menurut para ahli, penangkapan paus ternyata sudah dimulai jauh sebelum yang diperkirakan selama ini.

Hal ini dibuktikan dengan temuan tulang dari kedua spesies tersebut di sekitar selat Gibraltar, selatan Spanyol.

Temuan ini menunjukkan, paus sikat dan paus abus-abu hidup berdampingan di Atlantik Utara sekitar 2.000 tahun lalu. Kedua spesies itu sangat mungkin menavigasi kelahiran paus di laut Mediterania yang beriklim sedang.

Baca juga: Bagaimana Paus Pilot di Thailand Telan 8 Kg Plastik?

"Bukti bahwa dua spesies itu pernah hidup di masa kejayaan Kekaisaran Romawi memunculkan dugaan adanya praktik perburuan paus jauh dari perkiraan sebelumnya," kata para peneliti dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B, dilansir AFP, Rabu (11/7/2018).

Sebelumnya, para ahli menduga perburuan paus berskala besar pertama dilakukan sekitar 1.000 tahun lalu oleh orang Basque. Mereka menduga area perburuan mencakup kawasan Spanyol utara sampai barat daya Perancis.

Namun, adanya temuan kerangka paus sikat dan paus abu-abu telah mengungkap fakta berbeda. Terlebih penanggalan analisis DNA menunjukkan keduanya berasal dari masa Romawi kuno.

Perburuan terlupakan

"Bangsa Romawi mungkin memburu dua spesies paus ini dengan cara yang sama seperti perburuan orang Basque seribu tahun lalu," kata rekan penulis studi Ana Rodrigues dari lembaga penelitian CNRS Perancis kepada AFP.

"Mereka mendekati paus yang cenderung dekat bibir pantai dengan perahu dayung kecil, mereka menyeret paus dan menghabisinya dengan tombak sebelum diangkut ke darat," papar Ana.

Menurut peneliti, paus sikat yang hidup di timur Atlantik Utara banyak yang mati karena perburuan paus komersial. Sementara hilangnya habitat paus abu-abu dari seluruh Atlantik Utara masih misterius.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Paus Biru Terlihat di Laut Merah

Saat ini hanya ada sekitar 500 ekor paus di Atlantik Utara. Jumlah ini kurang dari enam persen dari populasi asli yang diperkirakan.

Selain itu, paus abu-abu juga hanya dapat ditemukan di Pasifik Utara dan sangat langka.

Meski temuan ini belum memastikan dengan benar adanya praktik penangkapan paus di era Romawi, namun temuan ini mampu menjelaskan bahwa populasi paus abu-abu di Atlantik sudah menurun sebelum perburuan paus oleh orang Basque.

"Temuan ini memberi dasar ekologis terhadap hipotesis praktik perburuan paus di masa Romawi yang terlupakan," tulis tim dalam laporannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com