Siklon Tropis Maria di Timur Indonesia, Ini Dampaknya Menurut BMKG

Kompas.com - 05/07/2018, 16:22 WIB
Peta siklon tropis Maria Peta siklon tropis Maria

KOMPAS.com - Sejumlah kota di Indonesia hari ini (5/7/2018) dilanda hujan sepanjang hari.

Seperti diberitakan Tribun Kaltim, kota Balikpapan dilanda hujan intensitas ringan sejak pagi tadi. Hal ini pun sudah dialami beberapa hari belakangan.

Menurut Samriyanto, prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kota Balikpapan, hal itu disebabkan oleh siklon tropis Maria.

Baca juga: Siklon Tropis Terjadi di Filipina, Ini Dampaknya Bagi Indonesia

Menurut analisis BMKG yang diterima Kompas.com, pada hari Kamis (5/7/2018) siklon tropis Maria berada di Samudera Pasifik sebelah utara timur laut Papua.

Tepatnya di titik 14,2 Lintang Utara dan 143,9 Bujur Timur, atau sekitar 1.900 kilometer di sebelah utara timur laut Jayapura.

BMKG menulis, siklon tropis Maria bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 9 knots (17 km/jam) atau bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

"Tekanan terendah 994 mb dan kekuatan 45 knots (85 km/jam)," tulis prakirawan BMKG.

Menurut prakiraan 24 jam atau 6 Juli 2018 pukul 7.00 WIB, posisi siklon tropis Maria ada di Samudera Pasifik sebelah utara Papua. Tepatnya 16,3 Lintang Utara dan 142,3 Bujur Timur (sekitar 2.110 km sebelah utara Jayapura).

"( Siklon tropis Maria) bergerak ke arah Barat Laut dengan kecepatan  7 knots (15 km/jam). Bergerak menjauhi wilayah Indonesia," imbuh keterangan BMKG.

Pihaknya memperkirakan, tekanan siklon tropis Maria 985 mb dan kekuatannya 60 knots (110 km/jam).

Baca juga: Siklon Tropis Marcus Menjauh, BMKG Imbau Tetap Waspadai Cuaca Buruk

Dampak siklon tropis Maria di wilayah Indonesia

Munculnya siklon tropis Maria memengaruhi cuaca di Indonesia.

Beberapa di antaranya seperti hujan dengan intensitas ringan sampai sedang di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua bagian utara.

Selain hujan di kawasan Indonesia bagian timur, ketinggian gelombang laut juga naik menjadi 1,25 - 2,50 meter di Laut Maluku, perairan utara dan timur kepulauan Talaud, dan perairan utara Halmahera.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X