Kompas.com - 09/11/2017, 16:35 WIB
Dua gambar inset kecil tersebut menunjukkan pengamatan aktual dari galaksi spiral paling kuno yang pernah diobservasi. Sisa gambar adalah ilustrasi seorang seniman yang menunjukkan bagaimana sebuah gugus galaksi besar membungkuk dan memperbesar cahaya dari galaksi yang jauh, sehingga terlihat oleh para astronom di Bumi. James JosephidesDua gambar inset kecil tersebut menunjukkan pengamatan aktual dari galaksi spiral paling kuno yang pernah diobservasi. Sisa gambar adalah ilustrasi seorang seniman yang menunjukkan bagaimana sebuah gugus galaksi besar membungkuk dan memperbesar cahaya dari galaksi yang jauh, sehingga terlihat oleh para astronom di Bumi.

KOMPAS.com- Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakuan di Universitas Teknologi Swinburne dan Universitas Nasional Australia menemukan keberadaan sebuah galaksi kuno. Bahkan, galaksi ini dianggap sebagai nenek moyang galaksi spiral modern seperti Bima Sakti.

Penemuan ini juga diharapkan untuk membuka rahasia tentang galaksi Bima Sakti.

"Galaksi spiral sangat langka di alam semesta awal, dan penemuan ini membuka pintu untuk menyelidiki bagaimana galaksi beralih dari ketidakteraturan menjadi cakram yang teratur dan tipis seperti galaksi Bima Sakti kita sendiri," Renyue Cen, co-author penelitian ini dan astronom senior di Universitas Princeton dikutip dari Space.com, Selasa (7/11/2017).

Para peneliti memberi nama galaksi kuno tersebut A1689B11. Galaksi ini merupakan temuan terbaru para astronom yang menyakini galaksi tersebut adalah yang tertua dan terantik dalam kurun waktu 11 miliar tahun.