Kompas.com - 22/06/2018, 11:31 WIB
Foto kue puding yang berada di ketinggian 50.000 kaki di atas Bumi. Foto kue puding yang berada di ketinggian 50.000 kaki di atas Bumi.


KOMPAS.com - Senin (18/6/2018), pelajar dari sekolah dasar S. Anselm, Derbyshire, meluncurkan puding ke luar angkasa.

Puding itu dipasang pada balon yang bisa menembus luar angkasa bersama dengan alat pelacak untuk mendeteksi ketinggiannya.

Pantauan terakhir, puding berada di ketinggian lebih dari 16.000 meter di atas langit Saxilby, dekat Lincoln, sebelum kontak hilang.

Baca juga: Tinggal di Luar Angkasa 5 Bulan, 3 Astronot Ini Pulang Kampung

Pihak sekolah mengatakan pencarian tengah berlangsung, sementara itu komedian Inggris Stephen Fry mengomentari peristiwa itu dengan mencuit "Negeriku, negeriku..." dalam Twitternya.

Cuitannya yang sudah disukai lebih dari 4.000 orang, menuai beragam pendapat.

Misalnya ada yang mengatakan alien telah menyantap puding itu, ditemukan: Kehidupan Kolesterol Ekstra, dan lainnya.

Sekolah itu berharap kue puding mereka bisa mencapai ketinggian sekitar 35.000 meter.

"Tahun lalu, kami meluncurkan balon yang bisa menembus ruang angkasa sebagai persiapan untuk eksperimen ini. Balon tersebut kemudian jatuh, ditemukan oleh pasangan yang sedang berada di pantai dekat Skegness," kata Liz Scott, direktur penelitian dari SD tersebut. .

"Mereka menghubungi kami lewat informasi kontak yang menempel pada balon untuk memberi tahu kami lokasi jatuhnya balon itu," imbuhnya.

"Kami berharap hal yang sama akan terjadi lagi dan kami akan mencari tahu di mana jatuhnya puding itu," tutupnya.

Baca juga: Kenapa Kita Harus Hindari Balon? Ini 5 Alasannya

Ia mengatakan para siswa menggalang dana sekitar Rp 30 juta untuk lembaga amal Guide Dogs for the Blind sebagai bagian dari uji coba itu, dengan meminta perusahaan setempat untuk mensponsori mereka.

Perangkat pelacak yang melekat pada balon itu akan mencatat posisinya, bersama dengan suhu udara dan foto-foto yang direkam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.