Tinggal di Luar Angkasa 5 Bulan, 3 Astronot Ini Pulang Kampung

Kompas.com - 04/06/2018, 18:35 WIB
NASA astronaut Scott Tingle and crewmates Anton Shkaplerov of the Russian space agency Roscosmos and Norishege Kanai of the Japan Aerospace Exploration Agency were expected to lift off in the Soyuz MS-07 spacecraft from the Baikonur Cosmodrome. / AFP PHOTO / Shamil ZHUMATOVSHAMIL ZHUMATOV Members of the International Space Station (ISS) expedition 53/54, NASA astronaut Scott Tingle (top), Roscosmos cosmonaut Anton Shkaplerov (bottom) and Norishige Kanai of the Japan Aerospace Exploration Agency (C) (JAXA) wave as they climb a ladder to the rocket at the Russian-leased Baikonur Cosmodrome in Kazakhstan early on December 17, 2017. NASA astronaut Scott Tingle and crewmates Anton Shkaplerov of the Russian space agency Roscosmos and Norishege Kanai of the Japan Aerospace Exploration Agency were expected to lift off in the Soyuz MS-07 spacecraft from the Baikonur Cosmodrome. / AFP PHOTO / Shamil ZHUMATOV

KOMPAS.com - Tiga anggota kru Ekspedisi 55 Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS) kembali ke Bumi pada Minggu (03/06/2018). Mereka mendarat dengan selamat di padang rumput di Kazakhstan.

Ketiga astronot tersebut adalah Norishige Kanai dari Jepang, Anton Shkaplerove dari Rusia, dan Scott Tingle dari Amerika.

Ketiganya kembali ke Bumi setelah tinggal di ISS selama 168 hari atau sekitar 5 bulan. Mereka kembali menggunakan sebuah kapsul ruang angkasa Soyuz milik Rusia.

Mendarat dengan Selamat

Dilansir dari Time, Minggu (03/06/2018), kapsul tersebut mendarat di Bumi pada pukul 6.39 malam waktu setempat tanpa kendala yang berarti.

Mereka keluar dari kapsul tersebut dalam waktu 30 menit. Ketika keluar dari kapsul, ketiga terlihat dalam konsisi baik.

Meski begitu, ketiganya segera di bawa ke Karaganda, 400 kilometer dari tempat pendaratan, untuk menjalani pemeriksaan medis. Setelah dipastikan baik-baik saja, mereka akan diterbangkan ke Moskow atau Houston.

Melakukan Banyak Percobaan

Dikutip dari laman resmi NASA, Minggu (03/06/2018), ketiga astronot ini telah menyelesaikan banyak percobaan di luar angkasa. Termasuk pengujian bahan, studi tentang efek gravitasi pada tulang belakang, dan penelitian pertumbuhan tanaman di ruang angkasa.