Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2018, 18:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber NASA,Time

KOMPAS.com - Tiga anggota kru Ekspedisi 55 Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kembali ke Bumi pada Minggu (03/06/2018). Mereka mendarat dengan selamat di padang rumput di Kazakhstan.

Ketiga astronot tersebut adalah Norishige Kanai dari Jepang, Anton Shkaplerove dari Rusia, dan Scott Tingle dari Amerika.

Ketiganya kembali ke Bumi setelah tinggal di ISS selama 168 hari atau sekitar 5 bulan. Mereka kembali menggunakan sebuah kapsul ruang angkasa Soyuz milik Rusia.

Mendarat dengan Selamat

Dilansir dari Time, Minggu (03/06/2018), kapsul tersebut mendarat di Bumi pada pukul 6.39 malam waktu setempat tanpa kendala yang berarti.

Mereka keluar dari kapsul tersebut dalam waktu 30 menit. Ketika keluar dari kapsul, ketiga terlihat dalam konsisi baik.

Meski begitu, ketiganya segera di bawa ke Karaganda, 400 kilometer dari tempat pendaratan, untuk menjalani pemeriksaan medis. Setelah dipastikan baik-baik saja, mereka akan diterbangkan ke Moskow atau Houston.

Melakukan Banyak Percobaan

Dikutip dari laman resmi NASA, Minggu (03/06/2018), ketiga astronot ini telah menyelesaikan banyak percobaan di luar angkasa. Termasuk pengujian bahan, studi tentang efek gravitasi pada tulang belakang, dan penelitian pertumbuhan tanaman di ruang angkasa.

Baca juga: Demi Urusan Perut Astronot, Thailand Akan Kirim Durian ke Antariksa

Selain itu, Tingle dan Kanai juga sempat melakukan spacewalk atau berjalan di luar angkasa. Hal ini mereka lakukan ketika memperbaiki lengan robot Canadarm2.

Sedangkan Shkaplerov melakukan spacewalk terpanjang dalam sejarah program antariksa Rusia, yaitu 8 jam 13 menit.

Kedatangan Kru Baru

Saat ini, ISS dijalankan oleh kru dari Ekspedisi 56 yaitu Drew Feustel dan Ricky Arnold dari NASA, serta Oleg Artemyev dari Roscosmos.

Ketiganya juga mempersiapkan kedatangan tiga awak baru pada Jumat (8/06/2018). Tiga awak baru tersebut adalah Serena Auñón-Chancellor dari NASA, Alexander Gerst dari ESA (European Space Agency), dan Sergey Prokopyev dari Roscosmos.

Mereka dijadwalkan akan diluncurkan Rabu, 6 Juni, dari Baikonur, Kazakhstan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber NASA,Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com