Kompas.com - 22/06/2018, 08:07 WIB
Bola kristal yang digunakan untuk memotret galaksi Bima Sakti. Bola kristal yang digunakan untuk memotret galaksi Bima Sakti.

KOMPAS.com - Seorang astronom berhasil memotret galaksi Bima Sakti dengan menggunakan bola kristal yang dibelinya dari pasar loak.

Juan Carlos Muñoz-Mateos, seorang astronom di European Southern Observatory, tidak menyangka akan memperoleh foto gugusan Bima Sakti lengkap dengan bintang-bintangnya.

Foto dengan menggunakan bola kristal tersebut memunculkan detail yang tajam dari galaksi kita, walaupun terbalik karena efek proyeksi dari bola kristal.

Saat itu, Muñoz-Mateos memotretnya dari lokasi Observatorium Paranal di gurun Atacama, Chile utara, yang lokasinya sangat ideal untuk melakukan pemotretan luar angkasa

"Saya senang memotret Bima Sakti meskipun objek itu rumit, dan sebetulnya sudah banyak foto-foto tentang Bima Sakti di luar sana. Sulit menemukan cara baru untuk menggambarkannya," kata Muñoz-Mateos dalam emailnya kepada Business Insider.