Kompas.com - 22/06/2018, 08:07 WIB
Bola kristal yang digunakan untuk memotret galaksi Bima Sakti. Bola kristal yang digunakan untuk memotret galaksi Bima Sakti.


KOMPAS.com - Seorang astronom berhasil memotret galaksi Bima Sakti dengan menggunakan bola kristal yang dibelinya dari pasar loak.

Juan Carlos Muñoz-Mateos, seorang astronom di European Southern Observatory, tidak menyangka akan memperoleh foto gugusan Bima Sakti lengkap dengan bintang-bintangnya.

Foto dengan menggunakan bola kristal tersebut memunculkan detail yang tajam dari galaksi kita, walaupun terbalik karena efek proyeksi dari bola kristal.

Saat itu, Muñoz-Mateos memotretnya dari lokasi Observatorium Paranal di gurun Atacama, Chile utara, yang lokasinya sangat ideal untuk melakukan pemotretan luar angkasa

"Saya senang memotret Bima Sakti meskipun objek itu rumit, dan sebetulnya sudah banyak foto-foto tentang Bima Sakti di luar sana. Sulit menemukan cara baru untuk menggambarkannya," kata Muñoz-Mateos dalam emailnya kepada Business Insider.

Baca Juga: Ahli Deteksi Tanda-tanda Ribuan Lubang Hitam Baru di Pusat Bima Sakti

Sebagai astronom profesional, Muñoz-Mateos paling sering ditugaskan melakukan pengamatan di Observatorium Paranal dan ini membuat hobi fotografinya tersalurkan.

"Saya selalu terinspirasi oleh foto-foto makro yang menggunakan tetesan air untuk memperbesar subjek di latar belakang," katanya.

Setelah selesai bekerja, Muñoz-Mateos segera memasang peralatan kameranya, tripod dan tentu bola kristal seharga beberapa dolar miliknya. 

Muñoz-Mateos segera menaruh bola kristal pada tempat yang strategis, lalu mengarahkan kamera Canon 6D miliknya ke bola kristal tersebut.

Lensa yang digunakan adalah lensa ukuran 24 milimeter atau wide-angle agar bisa memotret Bima Sakti beserta latar belakangnya.

Baca Juga: Peta Terlengkap Galaksi Bima Sakti Dirilis, Hasilnya Menakjubkan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.