Salin Artikel

Pakai Bola Kristal dari Pasar Loak, Astronom Potret Rupa Bima Sakti

Juan Carlos Muñoz-Mateos, seorang astronom di European Southern Observatory, tidak menyangka akan memperoleh foto gugusan Bima Sakti lengkap dengan bintang-bintangnya.

Foto dengan menggunakan bola kristal tersebut memunculkan detail yang tajam dari galaksi kita, walaupun terbalik karena efek proyeksi dari bola kristal.

Saat itu, Muñoz-Mateos memotretnya dari lokasi Observatorium Paranal di gurun Atacama, Chile utara, yang lokasinya sangat ideal untuk melakukan pemotretan luar angkasa.

"Saya senang memotret Bima Sakti meskipun objek itu rumit, dan sebetulnya sudah banyak foto-foto tentang Bima Sakti di luar sana. Sulit menemukan cara baru untuk menggambarkannya," kata Muñoz-Mateos dalam emailnya kepada Business Insider.

Sebagai astronom profesional, Muñoz-Mateos paling sering ditugaskan melakukan pengamatan di Observatorium Paranal dan ini membuat hobi fotografinya tersalurkan.

"Saya selalu terinspirasi oleh foto-foto makro yang menggunakan tetesan air untuk memperbesar subjek di latar belakang," katanya.

Setelah selesai bekerja, Muñoz-Mateos segera memasang peralatan kameranya, tripod dan tentu bola kristal seharga beberapa dolar miliknya.

Muñoz-Mateos segera menaruh bola kristal pada tempat yang strategis, lalu mengarahkan kamera Canon 6D miliknya ke bola kristal tersebut.

Lensa yang digunakan adalah lensa ukuran 24 milimeter atau wide-angle agar bisa memotret Bima Sakti beserta latar belakangnya.

Hasilnya, bidang fokusnya sangat tajam sehingga bintang-bintang yang menjadi latar belakang agak samar karena cahaya. Dalam dunia fotografi, efek itu disebut bokeh.

Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya Muñoz-Mateos menunjukkan hasil fotonya yang berupa kumpulan bintang, gas dan debu tebal di dalam Bima Sakti. Tak lupa, Muñoz-Mateos mencari titik pusat galaksi kita yang berbentuk cakram dan spiral.

Menanggapi hasil fotonya, dia mengatakan, jika Anda memiliki kesempatan untuk membeli salah satu bola kristal murahan ini, saya benar-benar merekomendasikannya. Bola kristal ini benar-benar menyenangkan dan bisa membubuhkan kreativitas lebih bagi foto Anda.

Kini, Anda bisa melihat sejumlah karya Muñoz-Mateos di akun Instagramnya.