Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peta Terlengkap Galaksi Bima Sakti Dirilis, Hasilnya Menakjubkan

Kompas.com - 04/05/2018, 17:05 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Antariksa Eropa (ESA) baru saja merilis peta terlengkap dan terbesar dari galaksi Bima Sakti beserta bintang-bintangnya.

Peta ini dibuat berdasarkan pada data terbaru dari misi Gaia, wahana luar angkasa yang diluncurkan dengan tujuan mengumpulkan data untuk membuat peta galaksi terbesar dan paling tepat.

Data yang berhasil dihimpun oleh Gaia menunjukkan hampir 1,7 miliar bintang. Data juga mencakup informasi mengenai 14.099 asteroid yang melewati tata surya kita.

Baca juga : Peniliti Ungkap Perilaku Bintang di Pusat Bima Sakti

Data Gaia memberikan tingkat informasi detail yang belum pernah ada sebelumnya mengenai bintang di galaksi kita, beserta jarak, kecerahan, warna serta indikator gerakan yang tepat. Bahkan kepadatannya serta debu antar bintang yang memenuhi galaksi juga mampu ditangkap oleh misi Gaia.

Berdasarkan data-data tersebut, para ilmuwan akhirnya dapat membuat peta tiga dimensi galaksi kita dengan lebih rinci. Bahkan kita juga bisa menyaksikan beberapa video 360 derajat dan visualisasi dari data yang dirilis oleh ESA.

-science alert -

Hasil eksplorasi Gaia ini tentunya menjadi kabar menggembirakan. Pasalnya, data mampu memberikan pemahaman baru mengenai galaksi kita, termasuk struktur serta evolusinya.

"Gaia membantu kita memahami alam semesta dalam skala kosmik," kata Timo Prusti, ilmuwan yang tergabung dalam proyek Gaia.

"Bahkan, di sekitar matahari, yang kami pikir paling kami pahami, Gaia mampu mengungkapkan fitur-fitur baru dan menarik," tambahnya seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (26/4/2018).

Baca juga : Terbukti, Galaksi Kita Bertumbuh Melampaui Kecepatan Suara

Wahana Gaia diluncurkan pertama kali pada Desember 2013 dan memulai eksplorasi luar angkasanya tahun 2014. Data yang diperoleh dari eksplorasi Gaia pertama kali diterbitkan pada tahun 2016 dan mengatalogkan lebih dari 2 juta bintang.

Wahana antariksa Gaia akan beroperasi hingga 2020 mendatang. Jadi, masih ada lebih banyak lagi hal-hal baru di galaksi Bima Sakti yang mungkin akan terungkap. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com