Kompas.com - 04/05/2018, 17:05 WIB
- science alert-

KOMPAS.com - Badan Antariksa Eropa (ESA) baru saja merilis peta terlengkap dan terbesar dari galaksi Bima Sakti beserta bintang-bintangnya.

Peta ini dibuat berdasarkan pada data terbaru dari misi Gaia, wahana luar angkasa yang diluncurkan dengan tujuan mengumpulkan data untuk membuat peta galaksi terbesar dan paling tepat.

Data yang berhasil dihimpun oleh Gaia menunjukkan hampir 1,7 miliar bintang. Data juga mencakup informasi mengenai 14.099 asteroid yang melewati tata surya kita.

Baca juga : Peniliti Ungkap Perilaku Bintang di Pusat Bima Sakti

Data Gaia memberikan tingkat informasi detail yang belum pernah ada sebelumnya mengenai bintang di galaksi kita, beserta jarak, kecerahan, warna serta indikator gerakan yang tepat. Bahkan kepadatannya serta debu antar bintang yang memenuhi galaksi juga mampu ditangkap oleh misi Gaia.

Berdasarkan data-data tersebut, para ilmuwan akhirnya dapat membuat peta tiga dimensi galaksi kita dengan lebih rinci. Bahkan kita juga bisa menyaksikan beberapa video 360 derajat dan visualisasi dari data yang dirilis oleh ESA.

-science alert -

Hasil eksplorasi Gaia ini tentunya menjadi kabar menggembirakan. Pasalnya, data mampu memberikan pemahaman baru mengenai galaksi kita, termasuk struktur serta evolusinya.

"Gaia membantu kita memahami alam semesta dalam skala kosmik," kata Timo Prusti, ilmuwan yang tergabung dalam proyek Gaia.

"Bahkan, di sekitar matahari, yang kami pikir paling kami pahami, Gaia mampu mengungkapkan fitur-fitur baru dan menarik," tambahnya seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (26/4/2018).