Kompas.com - 04/05/2018, 17:05 WIB
- science alert-

KOMPAS.com - Badan Antariksa Eropa (ESA) baru saja merilis peta terlengkap dan terbesar dari galaksi Bima Sakti beserta bintang-bintangnya.

Peta ini dibuat berdasarkan pada data terbaru dari misi Gaia, wahana luar angkasa yang diluncurkan dengan tujuan mengumpulkan data untuk membuat peta galaksi terbesar dan paling tepat.

Data yang berhasil dihimpun oleh Gaia menunjukkan hampir 1,7 miliar bintang. Data juga mencakup informasi mengenai 14.099 asteroid yang melewati tata surya kita.

Baca juga : Peniliti Ungkap Perilaku Bintang di Pusat Bima Sakti

Data Gaia memberikan tingkat informasi detail yang belum pernah ada sebelumnya mengenai bintang di galaksi kita, beserta jarak, kecerahan, warna serta indikator gerakan yang tepat. Bahkan kepadatannya serta debu antar bintang yang memenuhi galaksi juga mampu ditangkap oleh misi Gaia.

Berdasarkan data-data tersebut, para ilmuwan akhirnya dapat membuat peta tiga dimensi galaksi kita dengan lebih rinci. Bahkan kita juga bisa menyaksikan beberapa video 360 derajat dan visualisasi dari data yang dirilis oleh ESA.

-science alert -

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil eksplorasi Gaia ini tentunya menjadi kabar menggembirakan. Pasalnya, data mampu memberikan pemahaman baru mengenai galaksi kita, termasuk struktur serta evolusinya.

"Gaia membantu kita memahami alam semesta dalam skala kosmik," kata Timo Prusti, ilmuwan yang tergabung dalam proyek Gaia.

"Bahkan, di sekitar matahari, yang kami pikir paling kami pahami, Gaia mampu mengungkapkan fitur-fitur baru dan menarik," tambahnya seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (26/4/2018).

Baca juga : Terbukti, Galaksi Kita Bertumbuh Melampaui Kecepatan Suara

Wahana Gaia diluncurkan pertama kali pada Desember 2013 dan memulai eksplorasi luar angkasanya tahun 2014. Data yang diperoleh dari eksplorasi Gaia pertama kali diterbitkan pada tahun 2016 dan mengatalogkan lebih dari 2 juta bintang.

Wahana antariksa Gaia akan beroperasi hingga 2020 mendatang. Jadi, masih ada lebih banyak lagi hal-hal baru di galaksi Bima Sakti yang mungkin akan terungkap. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.