Rusa Besar Kembar Tiga Tertangkap Kamera, Mengapa Jadi Berita Besar?

Kompas.com - 12/06/2018, 12:08 WIB

KOMPAS.com - Para pakar dan pecinta alam sedang merasa senang. Sebuah rekaman video oleh warga Kanada, Randi Ingram, menampilkan anak rusa besar kembar tiga yang sangat langka.

Diwawancarai oleh media lokal CBS News, Ingram bercerita bahwa dia secara tidak sengaja menemukan ketiga rusa besar tersebut bersama induk mereka di halaman belakangnya.

“Induk mereka kembar juga dan kita telah mengamatinya selama tiga tahun terakhir. Ternyata, dia baru punya anak dan luar biasanya, kembar tiga,” katanya, seperti dikutip dari National Geographic, Selasa (5/6/2018).

Rolf Peterson, seorang pakar ekologi alam liar dari Michigan Technological University, turut mengomentari kelangkaan rusa besar kembar tiga tersebut.

Baca juga: Kali Pertama di Dunia, Bayi Rusa Berkepala Dua Ditemukan

Walaupun telah mempelajari rusa besar selama beberapa dekade, dia hanya pernah melihat rusa besar kembar tiga sekali beberapa tahun lalu di Taman Nasional Isle Royal, Michigan.

Dia menjelaskan bahwa kemungkinan induk rusa besar untuk memiliki anak kembar tiga tergantung pada kesehatannya. Jika lingkungannya mendukung, kemungkinan induk rusa besar untuk memiliki anak kembar bisa 10 hingga 20 persen. Meski demikian, rusa besar kembar tiga sangatlah langka.

Melihat video tersebut, Peterson berkata bahwa ketiga anak rusa besar terlihat sangat sehat. Lalu jika melihat usia dan ukuran mereka, ketiga anak rusa besar kemungkinan memang kembar tiga; walaupun beberapa induk rusa besar diketahui bisa mengadopsi anak dari rusa besar lain.

Berikut adalah video yang direkam oleh Ingram:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.