Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rusa Besar Kembar Tiga Tertangkap Kamera, Mengapa Jadi Berita Besar?

KOMPAS.com - Para pakar dan pecinta alam sedang merasa senang. Sebuah rekaman video oleh warga Kanada, Randi Ingram, menampilkan anak rusa besar kembar tiga yang sangat langka.

Diwawancarai oleh media lokal CBS News, Ingram bercerita bahwa dia secara tidak sengaja menemukan ketiga rusa besar tersebut bersama induk mereka di halaman belakangnya.

“Induk mereka kembar juga dan kita telah mengamatinya selama tiga tahun terakhir. Ternyata, dia baru punya anak dan luar biasanya, kembar tiga,” katanya, seperti dikutip dari National Geographic, Selasa (5/6/2018).

Rolf Peterson, seorang pakar ekologi alam liar dari Michigan Technological University, turut mengomentari kelangkaan rusa besar kembar tiga tersebut.

Walaupun telah mempelajari rusa besar selama beberapa dekade, dia hanya pernah melihat rusa besar kembar tiga sekali beberapa tahun lalu di Taman Nasional Isle Royal, Michigan.

Dia menjelaskan bahwa kemungkinan induk rusa besar untuk memiliki anak kembar tiga tergantung pada kesehatannya. Jika lingkungannya mendukung, kemungkinan induk rusa besar untuk memiliki anak kembar bisa 10 hingga 20 persen. Meski demikian, rusa besar kembar tiga sangatlah langka.

Melihat video tersebut, Peterson berkata bahwa ketiga anak rusa besar terlihat sangat sehat. Lalu jika melihat usia dan ukuran mereka, ketiga anak rusa besar kemungkinan memang kembar tiga; walaupun beberapa induk rusa besar diketahui bisa mengadopsi anak dari rusa besar lain.

Berikut adalah video yang direkam oleh Ingram:

https://sains.kompas.com/read/2018/06/12/120800323/rusa-besar-kembar-tiga-tertangkap-kamera-mengapa-jadi-berita-besar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke