Kompas.com - 25/04/2018, 20:33 WIB
Para peneliti menemukan semut Colobpsis pekerja kecil itu akan pecah tubuh mereka, ketika sarangnya terancam predator. Para peneliti menemukan semut Colobpsis pekerja kecil itu akan pecah tubuh mereka, ketika sarangnya terancam predator.

KOMPAS.com - Meledakkan diri mungkin kadang terjadi dalam peperangan manusia. Tapi, bagaimana jika aksi meledakan diri terjadi di dunia semut?

Fenomena ini, benar-benar terjadi pada semut jenis Colobopsis explodens. Mereka rela meledakkan tubuhnya sendiri untuk mempertahankan koloni mereka dari serangan predator.

Sebetulnya, keberadaan semut yang bisa meledakkan dirinya sendiri telah ditulis dalam literatur penelitian di awal 1900-an. Namun sejak 1935, tidak ada satu pun spesies baru yang ditemukan.

Hingga akhirnya, tim peneliti dari berbagai bidang keahlian, seperti ahli serangga, ahli botani, ahli mikrobilogi dan ahli kimia yang berasal dari Austria, Thailand, dan Indonesia, mencoba menjelajahi hutan di Asia Tenggara. Mereka melakukan lima perjalanan terpisah selama 30 hari antara tahun 2014 hingga 2016.