Kompas.com - 01/06/2018, 19:18 WIB
Ilustrasi HalfpointIlustrasi

KOMPAS.com - Selera musik seseorang sejak lama dikaitkan dengan kepribadian. Artinya, selera musik seseorang bisa memperlihatkan kepribadian orang tersebut.

Namun, siapa sangka hal itu ternyata benar. Ini dibuktikan dengan terbitnya dua penelitian dalam jurnal Psychological Science.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Cambridge dan beberapa universitas di AS kali ini lebih lengkap dibandingkan studi terdahulu, yang hanya melibatkan anak muda.

Untuk penelitian kali ini, para peneliti merekrut 21.000 peserta dalam dua survei online terpisah. Survei tersebut dilakukan untuk melihat bagaimana lima tipe kepribadian utama bisa cocok dengan berbagai genre musik.

Dalam penelitian ini, separuh lebih peserta berusia 22 tahun. Mereka diminta mendengarkan 25 ekstraksi musik yang masih asing di telinga mereka. Selanjutnya, mereka diminta memilih musik mana yang disukai.

Hasilnya, tipe orang yang penurut cenderung menyukai seluruh jenis musik.

Lalu, musik yang menghentak umumnya dipilih oleh orang-orang yang condong pada kepribadian neurotisisme (emosional tinggi).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang yang energik dan suka berbicara lebih nyaman mendengar musik akustik. Sedangkan musik yang lambat dan lembut dihindari oleh pribadi berjiwa terbuka. Individu seperti ini lebih menggemari musik kekinian yang inspiratif, kompleks, dan dinamis.

Untuk orang yang penuh imajinasi dan berwawasan luas lebih hanyut dalam aliran musik yang dilantunkan dalam opera.

Sedangkan orang ekstrover yang gemar bicara dan enerjik lebih tertarik pada musik sederhana yang santai dan bergenre akustik.

Baca juga: Temuan Baru: Musik Keras Bikin Orang Pesan Makanan Tak Sehat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.