Selain Menentramkan Hati, Musik Bisa Jadi Terapi bagi Pasien Demensia

Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber New Atlas

KOMPAS.com - Para peneliti asal Universitas Utah tergerak menjadikan musik sebagai terapi bagi pasien demensia. Gagasan itu timbul lantaran musik terbukti mampu membangkitkan suasana hati pasien dengan gangguan jiwa. Bagian otak untuk fungsi kognitif juga terangsang berkat mendengarkan musik.

Hal ini tertuang dalam The Journal of Prevention of Alzheimer's Disease, yang tayang pada bulan ini.

Kesimpulan seperti itu diperoleh setelah para ilmuwan merekrut 17 orang yang mengidap demensia untuk mengikuti serangkaian eksperimen. Mereka diputarkan 20 detik potongan lagu-lagu kesayangan. Lalu, aktivitas mendengarkan musik itu dijeda untuk diulang kembali.

Saat para responden asyik menikmati lantunan musik, peneliti bertugas memindai gambaran otak pasien lewat fMRI.