Kompas.com - 01/06/2018, 18:36 WIB
Pinus Heldreich yang ditemukan di Italia Selatan berusia 1230 tahun nationalgeographicPinus Heldreich yang ditemukan di Italia Selatan berusia 1230 tahun

KOMPAS.com - Sebuah pohon pinus Heldreich nampak berdiri kokoh dengan ranting-ranting yang nyaris tak berdaun di tebing curam di Italia selatan.

Italus, demikian pohon itu diberi julukan. Ia bukanlah sembarang pinus, melainkan pohon istimewa sebab sudah berumur 1230 tahun.

Kini, Italius telah resmi menjadi pohon tertua yang tercatat secara ilmiah di Eropa.

Gianluca Piovesan dari University of Tuscia bersama rekan-rekannya menemukan pinus tua Heldreich tersebut di antara beberapa pohon tua lainnya di lereng curam dan berbatu di pegunungan Taman Nasional Pollino, Italia.

Peneliti sudah menelitinya selama survei yang dilakukan tiga tahun terakhir.

Secara penampakan jelas jika pohon tersebut sudah berusia tua. Namun, tim segera menyadari bahwa menentukan umur pohon itu tidak mudah.

Bagian dalam pinus tua ini terlalu tua sehingga sulit untuk dilakukan analisis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bagian dalam kayu itu seperti debu, kami tidak pernah melihat yang seperti itu. Setidaknya ada sekitar 20 cm kayu yang hilang padahal itu mewakili banyak tahun," kata Alfredo Di Filippo, salah satu peneliti yang terlibat dikutip dari National Geographic, Jumat (25/05/2018).

Baca juga: Pohon Beringin 700 Tahun di India Diinfus, Untuk Apa?

Untuk mengatasi kendala ini, para peneliti mengambil sampel penanggalan radiokarbon dari akar pohon yang masih dalam kondisi lebih baik.

Cara ini digunakan untuk menentukan kapan pinus pertama kali mulai bertunas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.