Kompas.com - 23/05/2018, 19:07 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring makin berkembangnya gaya hidup modern, anak-anak lebih sering berada dalam lingkungan yang bersih. Padahal, kurang terpapar dengan kuman atau mikroba selama tahun pertama kelahiran bayi ternyata dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya leukemia.

Mel Greaves, peneliti dari Institute of Cancer Research di London, berkata bahwa kontak dengan mikroba atau kuman kategori tidak berbahaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa mencegah leukemia limfoblastik akut (ALL) yang umum terjadi pada anak-anak.

Greaves yang telah melakukan studi selama 30 tahun menyimpulkan bahwa leukemia limfoblastik akut disebabkan oleh mutasi genetik yang mempengaruhi anak-anak. Namun, hanya satu persen dari anak-anak yang lahir dengan kelainan genetik seperti ini menjadi penderita kanker.

Selain itu ada kemungkinan besar leukemia juga dipicu oleh berbagai infeksi pada anak-anak yang rentan terhadap penyakit karena sistem kekebalan tubuh mereka belum benar-benar prima.

Baca juga: Gunakan Sistem Imun, Peneliti Kembangkan Cara Baru Hilangkan Kanker

"Penelitian ini secara kuat menunjukkan bahwa ALL memiliki penyebab biologi yang jelas, dan dipicu oleh berbagai infeksi pada anak-anak yang memiliki sistem kekebalan yang belum sempurna," jelasnya.

Greaves pun mendorong orangtua untuk melakukan intervensi atau campur tangan terhadap anak-anak.

Langkah-langkah sederhana seperti membiarkan anak-anak bersosialisasi dengan anak-anak lain, bermain di luar rumah, memberikan ASI, serta tidak terlalu sering membersihkan rumah, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan anak-anak yang prima di tahun pertamanya.

Namun, anjuran ini bukan alasan untuk mengabaikan kebersihan. Sebab, kebersihan tetap diperlukan untuk mencegah penyebaran infeksi yang berpotensi serius seperti norovirus dan keracunan makanan.

"Studi baru ini menunjukkan bahwa paparan awal terhadap mikroba mungkin bermanfaat pada beberapa anak dengan kecenderungan leukemia. Namun, masih perlu penyeldikan lebih lanjut,"  kata kata Donna Lancaster, ahli onkologi pediatrik di The Royal Marsden NHS Foundation Trust.

Dia melanjutkan, paparan mikroba juga harus disesuaikan dengan risikonya. Harapannya, di masa depan akan ada cara untuk mengembangkan imunisasi yang meniru proses ini untuk mencegah leukemia berkembang.